HelpNona Writing Contest : 4 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Terlalu Memusingkan Status Singlemu

imagessumber

Perempuan merupakan makhluk paling sensitif. Dan salah satu hal yang bisa membuat perempuan menjadi sensitif adalah ketika disinggung pertanyaan klasik ‘kapan nikah ?’ Sering,kan,pertanyaan klasik seperti itu didengar ? seperti ketika datang ke acara nikahan teman, lalu tiba-tiba ditanya ‘ Kamu kapan nyusul ?’ atau ketika kumpul bersama keluarga saat hari raya dan pertanyaan klasik ‘Wah.. kamu mana pacarnya ? Kok ga pernah dibawa ke rumah? Kapan nikahnya?’ kembali dilontarkan oleh beberapa anggota keluarga.

Banyak orang indonesia yang beranggapan bahwa perempuan itu harus menikah sekitar umur 20-25an tahun. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang belum menikah walaupun usianya sudah tidak ‘produktif’ lagi, ada yang karena memang belum siap, masih ingin mengejar karir ataupun karena trauma terhadap pernikahan orang tuanya.

Perkataan dan persepsi masyarakat soal menikah itu kadang keterlaluan. Masyarakat bahkan kadang menghakimi mereka, dan tak banyak dari masyarakat mengatakan kata-kata tak pantas dan pedas seperti ‘wah si A belum menikah, enggak laku tuh. Masa udah umur segitu belum menikah.’ atau lebih pedas dari kata-kata tersebut.

Bukan hanya orang lain yang berkomentar dan memberikan pertanyaan klasik tersebut. Bahkan kadang keluarga sendiri pun ikut campur dalam hal tersebut. Dan mirisnya lagi, banyak keluarga bahkan orang tua yang mendesak anaknya untuk menikah di usia muda hanya karena tak mau mendapat omongan dan kritikan dari tetangga sekitar.

Kadang hal tersebut menjadi suatu dilema tersendiri bagi perempuan. Membuat seorang perempuan uring-uringan dan bahkan kadang membuat perempuan yang masih single merasa insecure berada di lingkungannya sendiri. Lebih lagi, kadang ada yang tak peduli pada dirinya sendiri dan memilih menikah secara terpaksa hanya karena ingin membungkam perkataan mereka. Untuk kamu, nona yang saat ini sudah melewati usia ‘produktif’ untuk menikah. Tak usah berkecil hati. Tak perlu minder dan insecure. Tak perlu mendengarkan ucapan orang lain dan membuat mu jadi terburu-buru menikah hanya karena ucapan orang lain. Tingkatkan lagi self repectmu, bahagia itu kamu yang ciptakan bukan orang lain. Menikahlah demi kebahagiaanmu, bukan karena tuntutan dari sekitar. Nah berikut merupakan 4 alasan kenapa kamu tak perlu terlalu memusingkan status single mu :

  1. Usia lebih dari 25 belum menikah bukan dosa kok

Nona, usia lebih dari 25 tahun tapi belum menikah bukan dosa kok. Tak ada ulasan dan penjelasan di al-qur’an dan hadist bahwa wanita harus menikah di usian 20an. Jodoh tak pernah tahu kapan datangnya. Ada yang cepat dan ada yang butuh proses. Jadi nona, Jika di usiamu sekarang lebih dari 25 tahun tapi masih belum menemukan jodoh, maka itu artinya Tuhan sedang mempersiapkan jodoh terbaik untukmu. Jadi tegakkan kepalamu dan mulai lah berpikiran positif bahwa jodohmu akan segera hadir dalam hidupmu. Tak perlu menyalahkan dirimu sendiri dan tak perlu merasa minder atas semua perkataan orang terhadapmu.

  1. Tak perlu mendengarkan kritikan orang lain

Sekali lagi. Kamu berdiri dengan kakimu sendiri. Kamu tak menyusahkan mereka yang mengkritikmu. Tak perlu mendengarkan omongan dan kritik mereka. Jangan sampai karena omongan dan kritik mereka membuatmu ingin segera mengakhiri masa sendirimu dan membuatmu memilih pasangan yang tak kamu cintai. Seolah-olah pernikahan hanya sebagai sebuah cara untuk membungkam mulut yang mengkritikmu.

  1. Jadikan masa sendirimu sebagai ajang pemantasan diri

Terdengar klise memang. Tapi, bukan kah segala sesuatunya memerlukan usaha? Dan salah satu usaha untuk mendapatkan jodoh terbaik adalah dengan cara memantaskan diri. Tak ada yang pernah tahu seperti apa jodoh mu, tapi satu yang pasti di dalam al-qur’an dijelaskan bahwa perempuan yang baik untuk lelaki baik, dan begitu pun sebaliknya, mungkin di sana jodohmu sedang menunggumu dan memantaskan dirinya untukmu. Bisa jadi jodohmu itu merupakan orang baik yang istimewa sehingga kamu perlu berusaha keras untuk mendapatkanya. Jadi, hapuslah air matamu, lupakan semua perkataan orang-orang yang mengkritikmu. Tataplah masa depan ! perbaiki dirimu dan jemputlah jodohmu!

  1. Memiliki status single itu menyenangkan loh

Siapa bilang kalau single itu selalu galau, gloomy dan menyedihkan. Banyak hal menyenangkan yang hanya bisa dirasakan saat kamu masih single, yaitu kamu bisa bebas bergaul dengan siapa pun tanpa ada yang melarang, bisa melakukan dan mengejar karir yang kamu impikan. Nikmati masa singlemu.

Jadi Mulai sekarang tegakkan kepalamu! Langkahkan kakimu untuk mencari cinta sejatimu!

 5bhelpnona5d_writing_comp_banner

helpnona writing contest

Advertisements

Menyembuhkan Luka Karena Kematian

kematian1.jpg

sumber

              Ketika menulis ini, sejujurnya aku sedang begitu merindukan ibuku. Ibuku sudah meninggal tiga tahun yang lalu. Ya, topik yang aku bahas kali ini memang tak jauh sekitar ibu dan kehilangan. Jangan tanya kenapa, karena memang itulah yang sedang kurasakan sekarang.

Kalian semua, adakah yang pernah mengalami kehilangan ? Adakah yang pernah ditinggalkan oleh seseorang yang paling disayangi karena kematian ? jika aku bertanya bagaimana perasaan kalian sekarang setelah waktu berlalu dan kalian menyadari bahwa sudah tak ada lagi orang yang kalian sayangi ? Bagaimana perasaan kalian ketika tiba-tiba rindu menghampiri dan semua bayangan tentang dia yang pergi kembali menyeruak ? Jawabannya pasti bervariasi. Aku pernah membaca sebuah quote dalam novel remeber when, aku lupa siapa yang mengatakan quote itu tapi si tokohnya ada yang pernah berkata ”Luka kehilangan karena kematian itu tak akan bisa begitu saja dilupakan.”

Aku kurang begitu mengingat detailnya tapi intinya adalah sebuah luka kehilangan karena kematian itu sangat sulit untuk disembuhkan. Perlu waktu lama untuk menyembuhkannya. Dan aku pun mengalami hal ini. Even it has been 3 years. This pain is always same as the day when she passed away. Rasa sakitnya masih sama saat beliau pergi 3 tahun lalu. it menas that i can’t heal myself. sekarang, perasaanku jauh lebih baik dari sebelumnya. Dulu, aku masih sering melakukan pengandaian-pengandaian, seolah menolak takdir. Kali ini aku akan memberitahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengurangi luka kehilangan tersebut, Berikut diantaranya :

 

  1. Menangislah

Ketika kalian mendapati fakta bahwa orang yang paling kalian sayangi pergi, jangan ragu untuk menangis. Menangislah sampai puas. Menangislah sampai rasanya air mata kalian akan mengering. Luapkan semua kesedihan tersebut lewat tangisan. Jangan menahannya, karena ketika perasaan sedih tersebut terus ditahan justru akan menjadi bom waktu dikemudian hari yang akan meledak suatu saat nanti dan puncaknya akan terus merasa bersalah. Luapkan semua perasaan yang sedang dirasakan saat itu juga.

 

  1. Kematian itu pasti

Setelah meluapkan semua emosi. Mulailah berpikir dan ingat satu hal bahwa kematian itu pasti. Di dunia ini tak ada kata pasti, semua hanya kesempatan-kesempatan yang berlalu lalang dalam hidup kita. Tapi kematian itu pasti. bukankah sudah dijelaskan dalam al-qur’an bahwa semua yang ada di dunia ini milikNya yang sewaktu-waktu bisa saja diambil. Begitu pun orang kita Sayangi. Tak ada yang bisa menghindari kematian. Jika boleh jujur, aku sempat tersadar karena suatu kata yang aku tulis sendiri di sebuah buku harian, isinya begini ”siap atau tidak sekarang atau nanti semua orang pasti akan mengalami kehilangan, atau mungkin suatu hari nanti kita sendirilah yang akan meninggalkan.”

 

  1. Menulislah

Dulu ketika ibuku meninggal aku selalu menulis. Menulis apa saja, menulis semua perasaan yang kurasakan. Aku pun sering menulis surat untuk ibuku. Ya itu memang terlihat gila, karena kutahu ibuku tak akan membacanya. Tapi menurut penelitian, menulis bisa merelease perasaan dan menstabilkan emosi seseorang percaya atau tidak percaya, tapi perlahan-lahan setelah aku sering menulis, perasaanku berangsur-angsur membaik.

Sekian tulisan dariku. adakah di sini yang ingin sharing tentang pengalamannya yang harus menghadapi sebuah kehilangan kematian? atau adakah di sini yang sedang dan masih berusaha menyembuhkan lukanya karena kematian sepertiku ? Silahkan share di kolom komentar,ya!

 

Mirisnya Kejahatan Seksual yang Marak di Indonesia

 

kasus

sumber

Sebenarnya ini hanya sebuah cuap-cuap yang mungkin akan terlihat tak begitu penting dan (sok) tahu akan mirisnya kasus pemerkosaan di Indonesia.

Iya, alasan saya menuliskan tulisan ini adalah karena saya merasa cukup gatal dan prihatin dengan peristiwa atau kasus pemerkosaan di Indonesia, selain itu karena memang saya dan teman sekampus saya pun sudah begitu sering sharing pendapat tentang kasus pemerkosaan yang terjadi akhir-akhir ini. Masih ingatkan tentang kasus pemerkosaan yuyun ? gadis yang duduk di bangku SMP yang diperkosa oleh 14 orang pemuda tetangga nya sendiri. Semenjak tereksposenya kasus pemerkosaan yuyun, semakin hari semakin banyak berita tentang pemerkosaan yang bermunculan.

Jika ada yang bertanya kenapa sekarang banyak kasus pemerkosaan dibanding dulu,menurut saya, sebenarnya, kasus pemerkosaan di Indonesia dulu pun banyak terjadi namun tidak terekspose di media massa, dan sontak ketika ada berita tentang yuyun tersebut yang mengundang banyak simpati dari kalangan pihak, hal tersbut memicu banyaknya kasus pemerkosaan yang terendus dan diekspose oleh media.

Selama ini kasus kejahatan seksual cenderung ditutup-tutupi oleh pihak-pihak tertentu termasuk korban sendiri. Korban dalam kasus tersebut biasanya cenderung tertutup dan tak mau melaporkan peristiwa yang menimpa mereka. Alasannya klise, karena mereka malu atau kadang orang-orang sudah mempunyai stereotype atau persepsi bahwa korban ikut andil dalam kasus kejahatan tersbut. Sering,kan, orang-orang yang berkata “Balik lagi ke ceweknya, kalau emang ceweknya bener dan berpakaian sopan pasti ga akan kejadian.”

Sejujurnya saya agak kesal mendengar pernyataan tersebut, dalam pernyataan tersebut seolah-olah mereka justru menyalahkan perempuan yang menjadi korban, sebut saja kasus yuyun, ada saja orang yang berkomentar seperti itu saat kasus tersebut mencuat ke media, padahal jika ditelisik, peristiwa tersebut terjadi ketika dia pulang sekolah dari rumahnya. Hey, mana mungkin ada pelajar yang berpakaian seksi. Oke, mungkin di zaman seperti ini banyak pelajar yang berpakaian tidak seharusnya dan mengikuti acara-acara tv, tapi menurut saya, untuk ukuran anak SMP, tidak mungkin dandanannya begitu mencolok ataupun tidak sepantasnya, karena anak SMP itu cenderung lebih polos.

Bukan hanya itu saja, kemarin saya baru saja meonton berita tentang seorang gadis yang menjadi korban pemerkosaan 4 orang pemuda di kampungnya daerah Sidoarjo, inisialnya NA. Dia menjadi korban pemerkosaan dan sekarang tengah hamil 8 bulan, lebih ironisnya lagi banyak warga yang tak mengetahui bahwa NA diperkosa. Warga desa justru menganggap NA sebagai anak yang tidak baik karena hamil di luar nikah, selain itu dia juga sempat diusir dari kampung dan terpaksa menetap di tempat bekas kandang bebek milik seorang warga yang masih berbaik hati. Miris. Lihat ? bagaimana warga kita kadang tidak adil pada rakyat miskin. Belum lagi, kadang hukuman yang diberikan pada tersangka tidak sesuai dengan perbuatan yang telah mereka lakukan.

Dari cerita Na, kita bisa tahu bahwa bisa jadi ada banyak kasus seperti na atau yuyun di indonesia yang belum di ekspose oleh media, dan betapa mirisnya hidup mereka. Lagi-lagi wanita yang jadi korban. Entah karena tingkat pendidikan wanita di indonesia yang masih rendah atau memang hukum di Indonesia yang belum memihak pada kaum perempuan.Semoga dengan disahkannya UU kebiri untuk kejahatan seksual bisa menjadi salah satu solusi mengurangi kejadian yang sering terjadi akhir-akhir ini serta bisa memberikan efek jera pada pelaku.

4 Hal Ini Mengalami Perubahan Seiring Semakin Berkembangnya Teknologi

 teknologisumber

 

 

Indonesia mengalami perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat 10 tahun terakhir.

Perkembangan tersebut membawa perubahan-perubahan yang sangat signifikan dalam gaya hidup setiap masyarakatnya. Tentu, hal pertama yang sangat jelas terjadi adalah semakin mudahnya masyarakat berkomunikasi, selain itu masyarakat menjadi semakin mudah dalam melakukan berbagai hal. Dari mulai dalam hal belajar dan pembelajaran, kegiatan perdagangan, dll.

Dan berikut merupakan perubahan-perubahan pola hidup yang terjadi dalam masyarakat Indonesia, yaitu :

 

  1. Komunikasi

Hal paling pertama yang sangat terasa dampaknya saat hadir teknologi informasi di Indonesia adalah masyarakat indonesia bisa sangat mudah berkomunikasi dengan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Tak heran jika ada celetukan yang kadang terdengar di antara kita ” Teknologi itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.”

Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi membawa dampak yang besar, kadang masyarakat cenderung individual dan lebih fokus pada gadget mereka. Pernahkah melihat ketika ada sekumpulan orang-orang berkumpul di sebuah kafe atau di mana pun, mereka tidak berbicara satu sama lain tapi justru menatap gadget mereka masing ? Itu sering terjadi dan memang itulah faktanya.

 

  1. Informasi

Perubahan kedua adalah Semakin mudahnya kita mendapatkan informasi. Jika dulu kita hanya bisa mendapatkan informasi dari sebuah surat kabar ataupun televisi, sekarang di mana pun kita bisa mendapatkan informasi. Banyak media-media online yang menyediakan bermacam informasi dan hanya dalam hitung detik saja kita bisa mengetahui informasi tersebut. Tak hanya media-media online saja. Tapi sekarang banyak blogger-blogger yang memberikan berbagai informasi, jika dulu kita menanyakan sesuatu pada orang lain sekarang jika kita tak  mengetahui suatu hal maka hal pertama yang kita lakukan pasti membuka gadget kita dan menuju google serta mengetikan keyword yang akan kita cari. simple dan mudah. Tentu jika digunakan dengan baik hal tersebut sangat-sangat bermanfaat.

 

  1.  Permainan

Sadar tidak sih jika sekarang banyak anak kecil yang jarang terlihat main di halaman rumah dan berkumpul bersama anak-anak yang lain ? Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan bagi anak-anak, jika dulu mereka bermain dengan teman sebayanya dan memainkan permainan tradisional, sekarang mereka lebih senang berdiam diri dan memainkan gadget mereka. Bahkan bukan tidak mungkin anak-anak sekarang tak mengatahui nama-nama serta bentuk dari mainan-mainan tradisional yang sudah jarang dimainkan itu. Jangankan di kota-kota besar, di daerah pedesaanpun sangat jarang menemukan anak-anak yang bermain mainan tradisional. Selain itu, sekarang permainan tradisional sudah ada yang dimuat dalam bentuk game, contohnya kelereng marbels, let’s get rich, dan congklak machine indonesia. Games tersebut dibuat oleh game developer asal indonesia yang berharap anak-anak indonesia mengetahui permainan tradisional dan tetap memainkan permainan tersebut walaupun melalui gadget atau tablet mereka.

 

  1.  Fenomena Selebtwit dan Selebgram

 

Kita pasti pernah dan sering mendengar istilah selebtwit dan selebgram. Ia seseorang yang biasanya mempunyai influce cukup besar bagi followersnya. Dan biasanya mereka di-endorse oleh beberapa produsen untuk memberikan informasi terhadap produk tersebut.

Indonesia sendiri merupakan negara dimana pendudukanya sangat mudah terpengaruh, penduduknya cenderung membutuhkan review akan suatu produk tertentu, kadang terasa aneh jika hendak membeli suatu produk tanpa bertanya terlebih dahulu akan produk tersebut. Tak heran jika fenomena selebtwit dan selebgram sangat terkenal di indonesia. Selain itu, saat ini semakin berkembangnya teknologi semakin mudah pula kita melakukan berbagai hal, salah satunya adalah berbelanja. jika dulu kita harus pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli barang-barang yang kita inginkan, sekarang kita hanya perlu membuka gadget atau tablet kita untuk berbelaja barang yang diinginkan.

 

Nah itulah beberapa hal yang telah berubah seiring dengan berkembangnya teknologi di indonesia. Semoga kita bisa lebih bijak dalam menggunakan teknlogi.

Mempercayai Kemampuanmu

index.jpg

 sumber

“Hal yang paling menyedihkan itu bukan ketika orang lain tak mempercayai kemampuanmu, tapi ketika kau tak percaya pada kemampuanmu sendiri, karena pada titik itu kau akan berhenti mencoba.”

Kamu pasti pernah disepelekan,bukan ? mungkin pernah mungkin juga tidak. Kalau misalnya ada yang mengatakan ‘Emang kamu bisa ?’ ke kalian pernah tidak ?

Percayalah omongan-omongan seperti itu sebenarnya tak terlalu buruk, karena dengan adanya orang-orang yang berbicara seperti itu padamu, secara tidak sadar kamu pasti akan berusaha dan membuktikan pada mereka bahwa kamu bisa, dan kamu mampu. Ya, Omongan dan cercaan orang-orang justru akan membuatmu semangat, membangkitkan semangatmu yang telah hilang atau tiba-tiba saja hilang.

Lalu, bagaimana kalau kamu tidak mempercayai kemampuanmu sendiri. Kamu pernah tidak merasa minder pada dirimu sendiri dan merasa bahwa kamu tak mampu melakukan sesuatu yang selama ini orang lain remehkan ? lalu kamu pun mulai mempertanyakan “ Aku bisa ga ya ?”, “Pasti ga bisa.”, “kayaknya aku ga bisa deh.”

Saat pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul dalam benakmu, saat itu juga kamu sedang tak mempercayai dirimu sendiri, saat itu juga kamu sedang merendahkan dirimu sendiri. Dan sialnya, saya sedang mengalami hal seperti itu. Menyebalkan. Di sisi lain, saya masih ingin melakukan sesuatu hal yang saya yakini sebelumnya, di lain sisi, logika saya terus mempertanyakan “emang kamu bisa?”

Sejujurnya, Saya ingin mengikuti lomba #bloggerdreamteam raditya dika, saya bahkan sudah mendaftarkan diri dan menyimpan sebuah ide yang akan saya eksekusi tapi karena hal tersebut saya jadi mengurungkan niat tersebut. Ide yang beberapa hari ini muncul saya singkirkan, saya endapkan begitu saja dalam draft, dan tak tersentuh sama sekali. Setiap kali saya mencoba untuk menulis, saat itu juga saya berhenti dan hanya menghasilkan beberapa kalimat saja. Menyebalkan. Seperti quote yang sudah saya tuliskan di atas, bahwa hal yang paling menyedihkan itu adalah ketika kamu sudah tak mempercayai kemampuanmu sendiri. Pada titik itu kamu akan berhenti mencoba, Akan ada ketakutan yang terus membatasi gerakmu dan membuatmu tak bisa bergerak hingga akhirnya tak ada yang bisa kamu lakukan, lalu kamu akan mengatakan ‘tuhkan bener, aku ga bisa’ sebagai pembenaran atas sugesti kita sendiri. Sebenarnya hal tersebut bukan karena kamu tak mampu tapi karena kamu terlalu terpaku pada sugestimu sendiri. Dan berikut adalah hal-hal yang sering saya lakukan ketika saya merasa minder dan tak percaya pada kemampuan saya sendiri :

  1. Yakinlah bahwa kamu tercipta dengan kemampuan yang istimewa

“Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (Qs. At-Tin 95:4)

“Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak adam, Kami angkut mereka

daratan dan di lautan, kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan.”(Qs. Al-Isra 17:70)

Dalam kedua ayat tersebut sudah dijelaskan bahwa kita semua sudah dilengkapi oleh kelebihan dan keistimewaan yang berbeda dibandingkan dengan makhluk lain di bumi ini. Jadi sudah seharusnya kita bersyukur dan memanfaatkan kelebihan tersebut. Yakinlah bahwa kita mampu melakukan apa yang ingin kita lakukan (dalam hal yang bersifat positif) karena kita memiliki akal. Tapi kita juga jangan lupa bahwa potensi yang kita miliki harus kita asah dan jangan dibiarkan begitu saja, contohnya saja passion. Bekerja karena passion itu memang menyenangkan, tapi belum tentu passion kita bisa kita jadikan sebagai pekerjaan. Kita harus profesional dulu terhadap apa yang menjadi passion kita. Passion itu tidak sehari dibentuk, butuh proses yang panjang.

  1. Stop mengatakan “aku ga bisa.

Sadar atau tidak, kadang perkataan itu mampu mempengaruhi psikologi seseorang. Jadi ketika rasa minder mulai muncul, coba hilangkan perasaan tersebut. Atau paling tidak berhentilah mengatakan ‘aku ga bisa.’ Dan ubahlah kata tersebut dengan ‘aku pasti bisa.’ Hal tersebut bisa mempengaruhi mu dan membuatmu semangat lagi.

  1. Jangan Batasi dirimu dengan rasa takut akan gagal

Biasanya rasa minder dan rasa tak percaya diri pada kemampuan sendiri itu disebabkan karena rasa takut yang berlebihan yang kita rasakan. Hal tersebut membuat gerak langkahmu terbatas dan membuatmu berhenti untuk mencoba. Hal tersebut lah yang paling membahayakan, karena ketika kamu mengalami hal tersebut kamu akan terus dan terus merasa takut. Contohnya, si A sudah mengirim naskahnya ke sebuah penerbit dan ternyata naskah tersebut sudah berpuluh kali ditolak. Jika si A merasa takut untuk ditolak kembali dan memilih untuk tak mengirim naskah itu sendiri, maka selamanya naskah tersebut tidak akan pernah menjadi buku.

Oke that’s all from me, bagi yang mempunyai pengalaman seperti di atas dan percaya diri akan kemampuannya bisa komentar di koloom komentar ya ….. 🙂

 

Surat Untuk Ibu

 

Untuk Ibu Iyah….

Seseorang yang paling kuat dan paling sabar yang pernah kukenal. Setiap hari dia harus pergi menyediakan sarapan untuk anak-anaknya, lalu membuka toko sembako di pagi hari. Saat semua orang tengah berkumpul bersama menonton tv dengan keluarganya, dia justru harus bekerja seharian dari jam 6 pagi dan  pulang ke rumah jam 9 malam. Mungkin itu terlihat biasa saja bagi orang lain, tapi tidak bagiku, karena dia adalah ibuku. Dia melakukan itu dengan sangat tulus dan dengan tubuh rentanya yang hampir memasuki kepala 6. Belum lagi dia juga harus berjuang melawan penyakit komplikasi yang diderita, jantung dan diabetes. Sayangnya, beliau harus menutup usia tahun lalu pada tanggal 24 Oktober 2013. Ya dia adalah telah meninggal.

Hai, Bu ? Bagaimana kabarmu di syurga ? Baik kah ?

Bu, tahu tidak ? jika dulu aku tak percaya jika kau telah tiada, maka setelah kepergianmu, aku malah tak percaya jika kenangan tentangmu dulu adalah nyata. Itu seolah-olah hanya khayalanku semata.

Bu, tau adalah wanita terhebat yang pernah kukenal, kau mampu menghidupi kami , ke-enam anakmu dengan keringatmu sendiri. Kau melakukannya seorang diri. Tidakkah itu hebat ?  walau anak-anakmu nakal, walau anak-anakmu belum tentu dan sepertinya tak akan pernah bisa membalas semua jasamu.

Bu, aku tak akan pernah malu mengakui mu sebagai ibuku. Dulu, kau selalu menganggap dirimu bodoh, karena tak mampu mengenyam pendidikan. Hal itulah yang membuatmu berjuang sekuat tenanga  agar aku bisa sekolah dan tak hidup seperti mu yang hanya seorang pedagang biasa. Tapi aku bangga, dari rahimmu lah aku dilahirkan, dari rahim seorang pedagang lah aku dilahirkan. Kau sekalipun tak pernah lelah untuk berusaha mencukupi segala kebutuhan kami. Baik itu dari segi financial maupun kasih sayang. Berperan ganda sebagai seorang ayah dan ibu itu tak mudah, tapi kau selalu berusaha keras agar aku tetap merasakan kasih sayang seorang ayah.

Bu, semoga kau bertemu dengan ayah di Syurga.

Bu, masih ingat tidak ketika aku berkelakuan aneh dan dianggap gila oleh semua orang ? Aku ingat,bu. Saat  itu aku mengalami luka atas fitnah yang dilakukan oleh beberapa orang yang tak menyukai keluarga kita. Aku memendam semuanya dan tak menceritakannya padamu. Hal tersebut membuat aku melampiasan semua kemarahanku padamu . Saat itu kau berkata bahwa kau percaya pada ku. Kau berkata bahwa aku mampu menjadi orang sukses dan berguna bagi orang lain. Padahal sikapku saat itu sangat menyakiti hatimu, tapi kau malah memeluk ku dengan erat dan berkata seperti itu. Oh hati siapa yang tak sakit jika melihatnya..

Bu, aku sangat merindukan mu. Hampir setiap hari aku merindukan mu, aku rindu akan semua nasehatmu, aku rindu akan semua kecerewetanmu yang selalu mengkhawatirkan ku, dan yang paling aku rindukan adalah saat bercerita tentang banyak hal, entah itu mimpiku, sekolahku, atau apapun itu. Dengan penuh rasa penasaran kau akan menanyakan banyak hal padaku. Oh bu, aku sangat merindukan moment itu, aku ingin mengulangnya kembali.

Bu, mungkin sekarang kau telah bersama Tuhan, kau adalah malaikat pelindungku yang menyembunyikan sayapnya. Mungkin tugasmu untuk menjaga ku sudah selesai, dan kau meninggalkan ku. Sejujurnya, aku tak rela harus melepas mu pergi. Dan aku yakin kau pun tak akan pernah mau pergi meninggalkan ku, jika kau diijinkan untuk memilih.

Bu, aku akan selalu mengingat semua pesanmu dan aku akan mencoba menghidupkan mu di hatiku. Walaupun tugasmu untuk melindungi ku sudah selesai, tapi aku percaya bahwa kau masih mengawasi ku di syurga, sana. Jika bisa, ada dua hal yang ingin aku lakukan jika aku bisa bertemu denganmu. Pertama, aku akan mengatakan maaf dan terimakasih, kedua aku akan mencium tangan, kening dan pipimu, seperti yang sering kulakukan dulu.  Sayangnya berapa banyak pun harta yang kumiliki, aku tak akan bisa melakukan kedua hal itu. Waktu memang sangat berarti ya, Bu ? Dan kau pun orang paling berarti yang mungkin baru  kusadari.

Bu, surat ini akan kukirimkan untuk lomba. Jika menang, aku akan memberikan ini sebagai hadiah terakhirku untuk mu. Kurasa, beribu rasa Terima kasih tak akan pernah cukup untuk membalas semua ketulusanmu dan beribu bahkan berjuta kata pun takkan mampu menjabarkan sosok tulusmu. Aku mencintai mu, Bu. Akh aku seharusnya mengecupmu saat mengucapkan itu, tapi sayang kau tak ada disini. Selamat tinggal,bu. Lain kali aku akan menuliskan surat lagi untuk mu .

Paling Berharga

 

Adakah hal yang paling berharga di dunia ini ? Sesuatu yang tak bisa digantikan oleh apapun dan tak pernah bisa dinilai serta tak akan pernah bisa dibeli dengan berapa banyak pun uang yang kita miliki. Ada hal- hal yang memang sangat berarti di dunia ini, diantaranya waktu, kenangan dan seorang ibu.

  1. Waktu

Semua di antara kita memiliki waktu yang sama setiap harinya, 24 jam. Ada yang mampu memanfaatkannya dengan baik dan ada yang justru berleha-leha serta tak menganggap waktu itu penting. Padahal jika kita pikirkan kembali, waktu termasuk ke dalam sesuatu yang paling berharga. Sesuatu yang tak dapat digantikan dan tak akan pernah bisa dibeli oleh apapun. Tak heran jika ada ungkapan “Time is money”. Waktu memang sangat berharga,  Karena kita tak bisa mengembalikan waktu, karena kita tak bisa memutar kembali waktu yang pernah kita lalui. Jika Kita mampu  memutar kembali waktu, mungkin tak akan ada  penyesalan, tak akan ada hal-hal yang kita sesali, takkan ada hal-hal yang bisa kita pelajari dalam setiap hal yang kita lalui.

  1. Kenangan

Kenangn menjadi hal yang berarti karena setiap orang memiliki kenangan tersendiri, setiap orang memiliki cerita tersendiri. Dan kenangan menjadi hal yang kekal dan akan selalu kita ingat sampai kapan pun. Pertanyaannya, sudahkah kita membuat kenangan yang menyenangkan bersama orang-orang yang kita sayangi ? Sebelum akhirnya kita menyesal karena kesempatan untuk mengukir kenangan sudah tak ada, sebelum orang-orang yang kita sayangi sudah kehabisan waktu dan tak bisa lagi bersama kita.

 

bigzk3mccaabb1n-jpg-large

sumber

  1. Ibu

Sebernarnya dari ketiga hal di atas semuanya saling berkaitan khususnya jika menyangkut tentang ibu. Ibu adalah seseorang paling berharga. Harta paling mahal yang tak pernah kita sadari, karena do’a beliau merupakan suatu keberkahan, dan tanpa do’a dari seorang ibu, kita takkan bisa menjadi apa-apa.

Sadarkah kita ? terkadang kita terlalu banyak melewatan hal-hal paling berharga jika berhubungan dengan ibu. Contohnya waktu, berapa banyak waktu yang sudah kita sia-siakan ketika ibu kita masih ada ? Kadang, ketika beliau masih ada kita enggan untuk membagi waktu kita untuk beliau, walaupun hanya untuk beberapa jam dalam sehari. Padahal sebenarnya apa yang mereka inginkan itu teramat sederhana. Lebih sederhana dari semua hal yang sering kita minta pada seorang ibu, lebih sederhana dari apa yang sudah ibu lakukan untuk kita, mengandung dan melahirkan misalnya. Mengandung dan melahirkan itu hal yang luar biasa, yang bahkan sampai kapanpun tak akan pernah bisa kita membayar jasa beliau yang satu itu.

Hal yang paling mereka inginkan terkadang hanya kebersamaan. Kita mampu membagi waktu kita untuk beliau, kita mau mendengarkan cerita mereka dan  kita mampu membuat kenangan kebersamaan bersama beliau yang akan kita kenang sampai kapan pun walaupun mereka sudah tiada.

Actually, i have a story base on my experience. Saya bukan tipikal orang yang dengan gampangnya bisa mengatakan “i love you “ pada seorang ibu. Saya hampir tak pernah melakukannya. Justru saya lebih sering bertengkar dengan beliau, lebih sering mengalami perbedaan pendapat dan kadang berujung dengan menyakiti hati beliau. Tapi kami saling mengerti satu sama lain, kami saling mencintai satu sama lain, dan baik saya dan ibu tahu akan hal itu. Tapi, hal tersebut lama-lama menghilang. Saya tidak menjadi anak yang memberontak lagi, saya tidak menjadi anak yang sok tahu dan seakan-akan mengerti akan apapun. Saya justru menjadi seorang anak yang patuh yang mulai mengakui bahwa pengalaman ibu saya lebih banyak, beliau lebih tahu akan banyak hal dan apa yang beliua katakan itu benar. Sejak saat itu, kedekatan kami makin intens. Saya mulai sering bercerita pada beliau tentang apapun. Saya juga mau mendengarkan semua cerita dan keluh kesah beliau, mulai menuruti semua yang beliau katakan.

Semua yang beliau katakan semuanya saya ikuti selama saya mampu melakukannya, contohnya saya harus sekolah di mana, saya harus mengambil jurusan apa dan hal- hal lainnya. Tak ada pemberontakan tak ada penolakan saya benar-benar menjadi anak yang penurut. Bahkan setiap pagi, saya sudah tak malu lagi untuk mencium tangan ibu saya dan mencium kedua pipi beliau.

Katanya, rasa cinta tak cukup untuk diungkapkan tapi harus ditunjukkan. Saat itu saya menunjukkan rasa cinta saya, namun saya jarang sekali mengungkapkannya, saya jarang mengatakan “I love you pada beliau”. Dan saya ingat sekali saat hari ibu dua tahun lalu, saat itu saya berencana untuk membelikan ibu saya hadiah dan mengatakan bahwa saya menyayangi beliau.

Takdir kadang memang selalu berbuat sesuai kehendaknya sendiri. Ibu saya meninggal 2 bulan sebelum hari ibu. 23 oktober 2013, beliau pergi untuk selama-lamanya. Sejujurnya saya menyesal. Sungguh. Betapa, kenapa dulu saya begitu gengsi untuk mengatakan bahwa saya menyayangi beliau, kenapa dulu saya harus menunggu hari ibu hanya untuk sekedar memberi hadiah dan mengucapkan rasa sayang. Padahal setiap hari saya masih bisa mengucapkan rasa sayang saya pada beliau, padahal dulu tiap hari saya bisa membelikan beliau hadiah. Kenapa saya harus menunggu hari ibu ?

Sekarang sekalipun saya sangat merindukan beliau, sekalipun saya ingin sekali bertemu beliau, saya tak akan pernah bisa. Dan walaupun saya nanti bisa sekaya dan sehebat apapun, saya tetap tak akan pernah bisa bertemu dengan beliau, karena waktu dan  kenangan sangat berharga.                          Jadi, untuk apa harus menunggu hari ibu untuk mengatakan cinta dan memberikan hadiah jika pada kenyataannya bisa dilakukan hari ini ? Lakukan lah sekarang,lakukan lah setiap hari. Kalau perlu cium lah tangan ibumu setiap hari dan katakan bahwa kamu menyayangi beliau setiap hari, karena kita tak akan pernah tahu kapan beliau akan berpulang. Jadi, sudahkah kamu mencium dan mengatakan “I love you” pada ibu mu hari ini ?

 

 

 

Blog Sebagai Penyumbang Konten Marketing

Blog adalah suatu aplikasi web yang berupa postingan tulisan-tulisan yang dimuat di sebuah halaman web. Saat ini blog memang sedang berkembang pesat dan menjamur, khususnya di Indonesia, banyak orang yang mempunyai blog dan tertarik untuk menjadi seorang blogger, entah dari pelajar, bahasiswa, karyawan maupun ibu rumah tangga.

Hal tersebut sama seperti apa yang pernah dikatakan oleh alit susanto seorang penulis terkenal melalui akun twitternya. Yang kurang lebih begini tulisannya, “ Blog itu ga akan pernah sepi. Kalo Twitter pasti bisa sepi, facebook pasti bisa sepi, tapi blog justru sebaliknya, blog akan semakin ramai dari hari kehari.”

Dan hal tersebut terbukti dari hasil penelitian Pada tahun 2014, berdasarkan live statatistik internetlivestats per detiknya bertambah hingga puluhan website dan sudah ada 1.060.123.400 lebih website. 1,06 milyar website.

Blog dari hari ke hari memang akan semakin ramai karena semakin hari orang-orang akan semakin haus akan informasi, apalagi blog merupakan kumpulan informasi yang benar-benar mudah didapatkan dan mudah diakses. Sebagai contoh mungkin ktia pernah kesulitan dalam mencari informasi untuk mengerjakan tugas kuliah, akhirnya kita mencari informasi tersebut itu melalui internet di blog, karena kemudahan dan praktisnya mencari informasi di blog. Selain itu, orang-orang dari hari ke hari semakin melek teknologi, bahkan sekarang anak SMA pun sudah banyak yang menggunakan dan mempunyai blog.

Hal tersebut tidak lepas dari pengamatan para produsen. banyak perushaan-perusahaan besar yang memanfaatkan internet untuk kepentingan marketing, khususnya  media sosial. Media sosial seperti Facebook, twitter, Path dan Instagram biasanya dipakai sebagai konten marketing. Disetiap media sosial tersebut pasti ada beberapa orang yang menjadi konten marketing. Namun, di antara semua media sosial tersebut, blog lah yang paling efektif dan paling diminati oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai konten marketing.

download (4)

Sumber gambar di sini

         Konten marketing sendiri merupakan suatu kegiatan  yang berupa postingan, foto maupun video yang memberikan informasi suatu produk dengan detail sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh perusahaan dengan cara yang menarik dan persuasif, sehingga para pembaca tertarik menjadi seorang kostumer.  Tapi, konten marketing ini tak perlu menjual produk tersebut, mereka hanya memberikan semua informasi yang sedetail-detailnya akan suatu produk.

Konten marketing tak bisa dipisahkan dengan para blogger, karena blogger mempunyai peran penyumbang dalam konten marketing. Berikut hal-hal yang bisa dijadikan acuan kenapa blogger merupakan penyumbang dalam konten marketing :

  1. Blogger merupakan seorang pencerita yang baik

Tulisan mereka rata-rata panjang dan biasanya detail dalam menceritakan suatu hal. Lain halnya ketika seorang wartawan yang menuliskan konten marketing tersebut, mereka mungkin hanya akan menuliskan beberapa baris informasi, dan tidak akan sedetail para blogger.

  1. Bersifat jangka panjang

Tulisan dalam sebuah blog itu bersifat jangka panjang lain lagi ketika suatu perusahaan menggunakan seorang twitter buzzer  untuk menjelaskan tentang suatu produk, twit mereka akan terus berganti dengan twit yang baru. Tapi dengan blog, tulisan itu takkan cepat berganti dan bergeser. Jika pun kita lupa atau tulisan itu sudah lama diposting, kita bisa mencarinya di search engine dengan sebuah keyword dan kita pasti akan menemukannya.

  1. Lebih Murah

Lebih murah di sini bukan berarti menggunakan konten marketing itu tak memerlukan biaya yang banyak, hanya saja jika dibandngkan dengan melakukan iklan besar-besaran di televisi ataupun di media masa, menggunakan konten marketing lebih murah dan lebih tahan lama, tidak harus dikontrak per tahun.

  1. Sudut pandang dari sisi seorang kostumer

Hal paling penting dari konten marketing adalah para blogger menuliskan dan menjelaskan sebuah informasi produk dari sudut pandang seorang kostumer bukan dari sudut pandang si produsen, Karena itu pula apa yang di sampaikan bisa lebih mengena dan disukai oleh para pembaca. Atas dasar itu para pembaca merasa diberi sebuah rekomendasi untuk membeli produk yang telah dituliskan oleh para blogger. Walaupun tahapnya kadang terasa begitu lambat karena para blogger tersebut berusaha untuk meyakinkan si calon kostumer.

 

Referensi

http://www.bairuindra.com/2015/11/blog-sebagai-penyumbang-konten-marketing.html

http://ceritaku-lintang.blogspot.co.id/2014/09/berapa-jumlah-website-di-seluruh-tahun.html

http://panduanim.com/content-marketing/

 

 

 

Optimis Cirebon Bisa Menjadi Smart City

images (5)

sumber gambar di sini

Saat ini smart city sedang menjadi impian bagi setiap kota di Indonesia. Smart city sendiri merupakan sebuah konsep kota cerdas, di mana masyarakatnya mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan efisiensi dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat untuk mengantisipasi kejadian tak terduga. Dengan kata lain smart city merupakan suatu konsep pembangunan yang memanfaatkan sumber informasi dan menggunakan teknologi yang canggih untuk mempermudah kehidupan.

Banyak kota-kota di Indonesia yang sedang berbenah agar menjadi smart city.  Dan salah satu kota yang tengah berbenah agar menjadi smart city adalah kota Cirebon. Kota Cirebon adalah kota yang terkenal dengan sebutan kota udang dan terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa atau biasa dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan kota Jakarta-Cirebon- Semarang-Surabaya.

Salah satu parameter bahwa suatu kota dikatakan sebagai smart city adalah kota tersebut sudah memiliki produktivitas yang tinggi, memiliki kemajuan dalam bidang kewiraswastaan. Selain itu kota tersebut juga harus sudah mempunyai infrastruktur ICT (information Computer Technology).  Kota Cirebon sudah didukung oleh suatu perusahaan dari Jepang yang menghibahkan sekitar 2000 CCTV untuk kota Cirebon yang akan dipasang di beberapa jalan-jalan protokol di Cirebon. Hal tersebut menjadi kabar yang menggembirakan, karena diharapkan CCTV tersebut dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir tindak kriminalitas yang tak terduga. CCTV tersebut juga dapat memudahkan pemerinthaan kota Cirebon untuk mengawasi dan memantau keadaan kota Cirebon.

Untuk menghubungkan riuan CCTV tersebut, kota Cirebon memerlukan jaringan internet 4G LTE , jaringan yang memiliki kecepatan akses yang tinggi. 4G LTE disebut-sebut sebagai jaringan nirkabel tercepat saat ini. Smartfren merupakan salat satu operator yang telah menerapkan jaringan 4G LTE di setiap produk mereka. Smartfren dapat mendukung kota Cirebon dalam sarana jaringan komputer yang kuat yang mampu membantu kota cirebon menjadi Smart city yang berbasis teknologi canggih.

Bukan hanya itu saja sebuah kota yang yang ingin menjadi Smart city juga harus memiliki produktivitas yang tinggi dan kemajuan dalam bidang kewiraswastaan yang tinggi. Jika diteliti kembali, kota Cirebon termasuk kota yang memiliki tingkat kemajuan di bidang kewiraswastaan yang tinggi dilihat dari semakin menjamurnya gedung-gedung tinggi di Cirebon, seperti mall, tempat wisata, dan hotel-hotel baik dari mulai hotel yang biasa saja hingga yang berbintang 5. Salah satu hotel yang terkenal di Cirebon adalah Hotel Aston.

674_453_astoncirebon_gallery_FrontView

Sumber gambar di sini

Hotel Aston merupakan salah satu hotel yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang yang berkunjung ke Cirebon, baik wisatawan maupun pebisnis yang akan melakukan perjalanan bisnis. Hotel Aston sendiri memiliki pelayanan yang sangat baik, selain tempatnya nyaman, fasilitas di hotel aston pun sangat lengkap dengan harga yang tergolong murah dengan IDR 518.000 .

Kreativitas dan pastisipasi publik di Cirebon pun sudah mulai berkembang ditambah lagi sekarang ada Komunitas Blogger Cirebon yang bernama Rebon. Komunitas Blogger Cirebon merupakan komunitas blogger yang berusaha menganggkat kota cirebon dan mempopulerkan kota cirebon di semua kalangan blogger se-Indonesia. Lewat Teknologi Informasi Komunitas Blogger Cirebon membawa kota Cirebon hingga dikenal dan berusaha memajukan kota Cirebon.

Sebuah perubahaan memang tidak dilakukan dalam waktu yang singkat. Tentu. Kota Cirebon pun masih perlu waktu untuk menjadi Smart city. Banyak hal yang masih harus diperbaiki dan ditambahkan oleh kota cirebon. Tapi kita sebagai warga Cirebon harus optimis bahwa suatu hari nanti kota cirebon bisa menjadi smart city terlebih dengan beberapa fasilitas yang telah mendapat dukungan dari pihak luar. Terlepas dari semuanya, perlu banyak orang yang membantu untuk melakukan sebuah perubahan. Kita sebagai warga harus mendukung akan rencana baik tersebut dan ketika sudah terlaksana kita harus bisa menjaga dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada secara efisien, karena Smart city juga harus diikut oleh smart people.

Cirebon Smart City 300

Hello Septi

Katanya hanya butuh sebuah kenyamanan untuk membuat sebuah hubungan entah itu persahabatan ataupun percintaan. Kau setuju tidak ?

Sejujurnya aku masih bertanya-tanya bagaimana mungkin kita bisa begitu dekat. Dua orang yang sangat berbeda. Tapi kita memiliki satu persamaan. Ya, kita sama-sama pernah kehilangan orang yang paling kita sayangi dan mungkin hal itu juga yang mendasari kenyamanan yang kita rasakan saat bersama. Kita sama-sama tahu betapa sakitnya kehilangan itu. Kita sama-sama tahu bagaimana menyakitkannya bertahan hidup tanpa orang tua, ya meskipun sebenarnya kita sudah bisa dikatakan dewasa dan bisa mengurusi hidup kita sendiri. Tapi, Kita tahu bahwa sehebat apapun kita, kita tetap membutuhkan orang tua.

Hey, kau ingat tidak bagaimana awal pertama kita dekat hingga semakin dekat seperti sekarang ? Yang aku tahu kedekatan kita itu berawal ketika kau berkata “Aku ngerti nia, aku ngerti rasanya ditinggal sama ibu. Soalnya mamah aku juga udah meninggal waktu aku sd.”

Saat itu kita sedang di ruang lab. Bahasa dan disuruh untuk menceritakan anggota keluarga kita. Sejak hari itu kau berani menceritakan keluargamu padaku. Kita saling mengerti. Itulah alasan mengapa kita bisa begitu dekat, hingga akhirnya kita pernah menangis bersama saat menceritakan keluarga kita masing-masing. Hal yang jarang aku lakukan kepada orang lain. Hanya orang-orang terdekatlah yang tahu perasaanku. Hanya kepada orang-orang terpercayalah aku akan bercerita tentang keluarga hingga menangis. Dan sepertinya kau salah satu di antaranya. Ada yang bilang kita akan lebih mengingat seseorang yang pernah menangis bersama kita.

Kau tahu tidak ? Aku belajar banyak hal dari mu. Ya kadang kita bisa belajar suatu hal dari orang lain,bukan ? Dan kau yang mengajarkan aku bagaimana untuk tidak menyimpan dendam dan kebencian, apalagi terhadap orang tua kita sendiri. Seperti apa yang sering kau katakan ketika aku bertanya ”Kau pernah benci tidak pada ayahmu sendiri karena sering tak mengacuhkan mu?”

Dan dengan tulus kau menjawab ”Tidak, sekalipun aku ingin, tapi aku tak pernah bisa membencinya. Seburuk apapun beliau, dia tetap orang tuaku, kalau bukan karena dia aku tak akan ada disini.”

It’s so sweet, darl. Aku tak pernah menyangka kau akan mengatakan hal setulus itu, aku tau kau orang seperti apa. Kau tipe orang yang gampang marah dan jutek, jadi agak aneh sebenarnya. Tapi aku benar-benar salut padamu.

Untukmu, seseorang yang sudah jauh-jauh tersasar ke kota wali, sebenarnya aku sendiri benar-benar ingin pergi dari kota ini, sedang kau malah mendatangi kota ini..

Aku tau, tak mudah untuk tinggal bersama orang lain, walau sebaik apapun orang yang merawat kita sekarang. Tapi orang tua tetap orang tua, mereka tak kan tergantikan, kasih sayangnya pun tak ada yang setulus mereka.

Bersabarlah ! Kau pasti bisa melaluinya. Coba latih kembali kesabaranmu.

Ada hal yang tak kusukai darimu, kau terkadang tak bisa bersabar terhadap seseorang. Jangan marah ya. Ini hanya pendapatku, aku hanya ingin lebih terbuka denganmu.

Kau tahu tidak ? Seorang sutradara tak akan pernah memberikan cerita dan peran begitu saja pada seorang akrtis yang biasa saja. Seorang sutradara pasti akan memberikan jalan cerita yang menarik dan peran yang menantang untuk seorang aktris yang dianggap mampu memerankan peran tersebut. Begitu pun Tuhan, Tuhan tak akan pernah memberikan jalan cerita dan peran yang tak bisa diperankan oleh seorang aktrisNya.

Kau adalah aktris istimewa. Tuhan sudah mempercayakan jalan ceritaNya pada mu untuk kau perankan sebagai aktris utamanya. Tuhan tak pernah salah memilih orang. Dia tahu kemampuan setiap hambaNya. Dan aku yakin kau merupakan seorang aktris yang hebat. Kau bisa memerankan peran yang diberikan oleh Tuhan. Kau bisa melewati semua cobaan yang harus dilewati dan tentunya orang lain tak mungkin mengerti betapa sulit cobaan yang harus kau lewati itu. Dan aku pun percaya kau mampu melewatinya.

Happy Bornday septi. Be a better person and be a great and strong girl. i know you’re the strong girl. Aku cuma bisa nulis buat kamu. semoga kamu suka ya ?

Tertanda

Dari seseorang yang masih belajar dewasa