3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Ada yang Bertanya ‘Kapan Lulus?’

download

Sumber

         Sebagai seorang mahasiswa, apalagi tingkat akhir pertanyaan ‘kapan lulus?’ pasti akan sangat sering terdengar dan ditanyakan oleh beberapa orang.  Apalagi jika telah memasuki tingkat 4 atau tingkat akhir, pertanyaan ‘kapan lulus?’ akan semakin sering kamu dengar. Entah itu ditanyakan oleh anggota keluarga, teman seumuran yang telah lulus terlebih dahulu ataupun oleh beberapa tetangga lingkungan sekitar rumah.  Sialnya, pertanyaan ‘kapan lulus?’ juga tak luput ditanyakan oleh beberapa orang terdekatku. Hal yang menyebalkan. Kadang dari sebuah pertanyaan tersebut membuatku bete setengah mati. Lebih lagi, jika si penanya menanyakan hal itu dengan maksud untuk membandingkan hidupku dengan teman-temanku yang notabene sudah lulus. Sering sekali pertanyaan seperti ‘kamu kok belum lulus, si A udah lulus loh. Udah kerja di perusahaan besar juga. Kamu gitu-gitu aja.’

          Pertanyaan ‘kapan lulus?’ menjadi pertanyaan klasik basa-basi yang seharusnya tak perlu ditanyakan. Mungkin si penyanya tak tahu efek dari pertanyaan tersebut. Sejujurnya pertanyaan tersebut kadang sampai membuatku insecure akan diriku sendiri karena memang tertinggal jauh dari mereka yang sudah lulus, ada perasaan tertekan juga bahwa aku harus seperti teman-teman lain yang sudah lulus dan bekerja di perusahaan besar. Nah, biasanya ada beberapa hal yang kulakukan ketika pertanyaan ‘kapan lulus?’ ditanyakan padaku :

  1. Senyumin Aja

Tersenyum adalah pilihan alternatif untuk menanggapi pertanyaan ‘kapan lulus?’ . Jika si penanya masih menanyakan dengan baik-baik dan tidak membandingkan hidupmu, kamu bisa Cuma tersenyum pada si penanya. Atau jika kamu sudah terlalu malas menanggapi pertanyaan tersebut, kamu cukup memberikan senyuman paling manismu. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu tak mau membahas apa yang ditanyakan, sehingga membuat si penanya akan mengalihkan pembicaraan pada topik yang lain.

 

  1. Jelaskan Apa yang sedang kamu lakukan saat ini

Biasanya orang-orang yang bertanya ‘kapan lulus?’ itu merupakan orang-orang tak tahu alasan kenapa kamu tertinggal dari rekan-rekanmu yang lain. Padahal ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang tertunda kelulusannya, contohnya karena harus bekerja sambil kuliah. Hal tersebut menyebabkan fokus seseorang menjadi terbagi dan tak bisa fokus pada kuliahnya. Atau bahkan harus mengambil cuti karena beberapa alasan. Jelaskan apa yang sedang kamu lakukan sekarang atau bisa juga menjelaskan sudah seberapa jauh skripsimu, dan ceritakan juga kesulitanmu saat menulisnya. Dengan begitu, bisa saja mereka jadi akan lebih menghargai perasaanmu yang tengah tertekan dalam pembuatan skripsi.

 

  1. Lulus bukan ajang cepet-cepetan

Katakan pada orang yang bertanya bahwa kelulusan bukan sebuah lomba lari, di mana kira harus saling mendahuli dan cepet-cepetan untuk lulus. Tak mau,kan, lulus tanpa hasil apa-apa dan hanya memikirkan kelulusan itu sendiri? Ada hal yang lebih penting dari kelulusan, yaitu menikmati prosesnya. Proses bagaimana sulitnya membuat skripsi, bagaimana menjengkelkannya revisian dan bagaimana susahnya mengejar-ngejar dospem untuk bimbingan yang ujung-ujungnya akan membuat skripsimu dicoret-coret. Jadi nikmati saja setiap proses menuju kelulusanmu. Cobalah untuk lebih fokus pada progress skripsimu jangan berfokus atau melirik pada temanmu yang lain yang sudah hampir menyelesaikan skripsinya dan sudah mendapatkan kelulusannya.

Jadi, siapa di sini yang sering dirikan pertanyaan klasik basa basi “kapan lulus?” jika ada yang mengalami pengalaman menyebalkan seperti diatas bisa dishare di kolom komentar,ya?

 

Salam

Pejuang skripsi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s