4 Hal Ini Mengalami Perubahan Seiring Semakin Berkembangnya Teknologi

 teknologisumber

 

 

Indonesia mengalami perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat 10 tahun terakhir.

Perkembangan tersebut membawa perubahan-perubahan yang sangat signifikan dalam gaya hidup setiap masyarakatnya. Tentu, hal pertama yang sangat jelas terjadi adalah semakin mudahnya masyarakat berkomunikasi, selain itu masyarakat menjadi semakin mudah dalam melakukan berbagai hal. Dari mulai dalam hal belajar dan pembelajaran, kegiatan perdagangan, dll.

Dan berikut merupakan perubahan-perubahan pola hidup yang terjadi dalam masyarakat Indonesia, yaitu :

 

  1. Komunikasi

Hal paling pertama yang sangat terasa dampaknya saat hadir teknologi informasi di Indonesia adalah masyarakat indonesia bisa sangat mudah berkomunikasi dengan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Tak heran jika ada celetukan yang kadang terdengar di antara kita ” Teknologi itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.”

Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi membawa dampak yang besar, kadang masyarakat cenderung individual dan lebih fokus pada gadget mereka. Pernahkah melihat ketika ada sekumpulan orang-orang berkumpul di sebuah kafe atau di mana pun, mereka tidak berbicara satu sama lain tapi justru menatap gadget mereka masing ? Itu sering terjadi dan memang itulah faktanya.

 

  1. Informasi

Perubahan kedua adalah Semakin mudahnya kita mendapatkan informasi. Jika dulu kita hanya bisa mendapatkan informasi dari sebuah surat kabar ataupun televisi, sekarang di mana pun kita bisa mendapatkan informasi. Banyak media-media online yang menyediakan bermacam informasi dan hanya dalam hitung detik saja kita bisa mengetahui informasi tersebut. Tak hanya media-media online saja. Tapi sekarang banyak blogger-blogger yang memberikan berbagai informasi, jika dulu kita menanyakan sesuatu pada orang lain sekarang jika kita tak  mengetahui suatu hal maka hal pertama yang kita lakukan pasti membuka gadget kita dan menuju google serta mengetikan keyword yang akan kita cari. simple dan mudah. Tentu jika digunakan dengan baik hal tersebut sangat-sangat bermanfaat.

 

  1.  Permainan

Sadar tidak sih jika sekarang banyak anak kecil yang jarang terlihat main di halaman rumah dan berkumpul bersama anak-anak yang lain ? Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan bagi anak-anak, jika dulu mereka bermain dengan teman sebayanya dan memainkan permainan tradisional, sekarang mereka lebih senang berdiam diri dan memainkan gadget mereka. Bahkan bukan tidak mungkin anak-anak sekarang tak mengatahui nama-nama serta bentuk dari mainan-mainan tradisional yang sudah jarang dimainkan itu. Jangankan di kota-kota besar, di daerah pedesaanpun sangat jarang menemukan anak-anak yang bermain mainan tradisional. Selain itu, sekarang permainan tradisional sudah ada yang dimuat dalam bentuk game, contohnya kelereng marbels, let’s get rich, dan congklak machine indonesia. Games tersebut dibuat oleh game developer asal indonesia yang berharap anak-anak indonesia mengetahui permainan tradisional dan tetap memainkan permainan tersebut walaupun melalui gadget atau tablet mereka.

 

  1.  Fenomena Selebtwit dan Selebgram

 

Kita pasti pernah dan sering mendengar istilah selebtwit dan selebgram. Ia seseorang yang biasanya mempunyai influce cukup besar bagi followersnya. Dan biasanya mereka di-endorse oleh beberapa produsen untuk memberikan informasi terhadap produk tersebut.

Indonesia sendiri merupakan negara dimana pendudukanya sangat mudah terpengaruh, penduduknya cenderung membutuhkan review akan suatu produk tertentu, kadang terasa aneh jika hendak membeli suatu produk tanpa bertanya terlebih dahulu akan produk tersebut. Tak heran jika fenomena selebtwit dan selebgram sangat terkenal di indonesia. Selain itu, saat ini semakin berkembangnya teknologi semakin mudah pula kita melakukan berbagai hal, salah satunya adalah berbelanja. jika dulu kita harus pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli barang-barang yang kita inginkan, sekarang kita hanya perlu membuka gadget atau tablet kita untuk berbelaja barang yang diinginkan.

 

Nah itulah beberapa hal yang telah berubah seiring dengan berkembangnya teknologi di indonesia. Semoga kita bisa lebih bijak dalam menggunakan teknlogi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s