Mempercayai Kemampuanmu

index.jpg

 sumber

“Hal yang paling menyedihkan itu bukan ketika orang lain tak mempercayai kemampuanmu, tapi ketika kau tak percaya pada kemampuanmu sendiri, karena pada titik itu kau akan berhenti mencoba.”

Kamu pasti pernah disepelekan,bukan ? mungkin pernah mungkin juga tidak. Kalau misalnya ada yang mengatakan ‘Emang kamu bisa ?’ ke kalian pernah tidak ?

Percayalah omongan-omongan seperti itu sebenarnya tak terlalu buruk, karena dengan adanya orang-orang yang berbicara seperti itu padamu, secara tidak sadar kamu pasti akan berusaha dan membuktikan pada mereka bahwa kamu bisa, dan kamu mampu. Ya, Omongan dan cercaan orang-orang justru akan membuatmu semangat, membangkitkan semangatmu yang telah hilang atau tiba-tiba saja hilang.

Lalu, bagaimana kalau kamu tidak mempercayai kemampuanmu sendiri. Kamu pernah tidak merasa minder pada dirimu sendiri dan merasa bahwa kamu tak mampu melakukan sesuatu yang selama ini orang lain remehkan ? lalu kamu pun mulai mempertanyakan “ Aku bisa ga ya ?”, “Pasti ga bisa.”, “kayaknya aku ga bisa deh.”

Saat pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul dalam benakmu, saat itu juga kamu sedang tak mempercayai dirimu sendiri, saat itu juga kamu sedang merendahkan dirimu sendiri. Dan sialnya, saya sedang mengalami hal seperti itu. Menyebalkan. Di sisi lain, saya masih ingin melakukan sesuatu hal yang saya yakini sebelumnya, di lain sisi, logika saya terus mempertanyakan “emang kamu bisa?”

Sejujurnya, Saya ingin mengikuti lomba #bloggerdreamteam raditya dika, saya bahkan sudah mendaftarkan diri dan menyimpan sebuah ide yang akan saya eksekusi tapi karena hal tersebut saya jadi mengurungkan niat tersebut. Ide yang beberapa hari ini muncul saya singkirkan, saya endapkan begitu saja dalam draft, dan tak tersentuh sama sekali. Setiap kali saya mencoba untuk menulis, saat itu juga saya berhenti dan hanya menghasilkan beberapa kalimat saja. Menyebalkan. Seperti quote yang sudah saya tuliskan di atas, bahwa hal yang paling menyedihkan itu adalah ketika kamu sudah tak mempercayai kemampuanmu sendiri. Pada titik itu kamu akan berhenti mencoba, Akan ada ketakutan yang terus membatasi gerakmu dan membuatmu tak bisa bergerak hingga akhirnya tak ada yang bisa kamu lakukan, lalu kamu akan mengatakan ‘tuhkan bener, aku ga bisa’ sebagai pembenaran atas sugesti kita sendiri. Sebenarnya hal tersebut bukan karena kamu tak mampu tapi karena kamu terlalu terpaku pada sugestimu sendiri. Dan berikut adalah hal-hal yang sering saya lakukan ketika saya merasa minder dan tak percaya pada kemampuan saya sendiri :

  1. Yakinlah bahwa kamu tercipta dengan kemampuan yang istimewa

“Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (Qs. At-Tin 95:4)

“Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak adam, Kami angkut mereka

daratan dan di lautan, kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan.”(Qs. Al-Isra 17:70)

Dalam kedua ayat tersebut sudah dijelaskan bahwa kita semua sudah dilengkapi oleh kelebihan dan keistimewaan yang berbeda dibandingkan dengan makhluk lain di bumi ini. Jadi sudah seharusnya kita bersyukur dan memanfaatkan kelebihan tersebut. Yakinlah bahwa kita mampu melakukan apa yang ingin kita lakukan (dalam hal yang bersifat positif) karena kita memiliki akal. Tapi kita juga jangan lupa bahwa potensi yang kita miliki harus kita asah dan jangan dibiarkan begitu saja, contohnya saja passion. Bekerja karena passion itu memang menyenangkan, tapi belum tentu passion kita bisa kita jadikan sebagai pekerjaan. Kita harus profesional dulu terhadap apa yang menjadi passion kita. Passion itu tidak sehari dibentuk, butuh proses yang panjang.

  1. Stop mengatakan “aku ga bisa.

Sadar atau tidak, kadang perkataan itu mampu mempengaruhi psikologi seseorang. Jadi ketika rasa minder mulai muncul, coba hilangkan perasaan tersebut. Atau paling tidak berhentilah mengatakan ‘aku ga bisa.’ Dan ubahlah kata tersebut dengan ‘aku pasti bisa.’ Hal tersebut bisa mempengaruhi mu dan membuatmu semangat lagi.

  1. Jangan Batasi dirimu dengan rasa takut akan gagal

Biasanya rasa minder dan rasa tak percaya diri pada kemampuan sendiri itu disebabkan karena rasa takut yang berlebihan yang kita rasakan. Hal tersebut membuat gerak langkahmu terbatas dan membuatmu berhenti untuk mencoba. Hal tersebut lah yang paling membahayakan, karena ketika kamu mengalami hal tersebut kamu akan terus dan terus merasa takut. Contohnya, si A sudah mengirim naskahnya ke sebuah penerbit dan ternyata naskah tersebut sudah berpuluh kali ditolak. Jika si A merasa takut untuk ditolak kembali dan memilih untuk tak mengirim naskah itu sendiri, maka selamanya naskah tersebut tidak akan pernah menjadi buku.

Oke that’s all from me, bagi yang mempunyai pengalaman seperti di atas dan percaya diri akan kemampuannya bisa komentar di koloom komentar ya ….. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s