Blog Sebagai Penyumbang Konten Marketing

Blog adalah suatu aplikasi web yang berupa postingan tulisan-tulisan yang dimuat di sebuah halaman web. Saat ini blog memang sedang berkembang pesat dan menjamur, khususnya di Indonesia, banyak orang yang mempunyai blog dan tertarik untuk menjadi seorang blogger, entah dari pelajar, bahasiswa, karyawan maupun ibu rumah tangga.

Hal tersebut sama seperti apa yang pernah dikatakan oleh alit susanto seorang penulis terkenal melalui akun twitternya. Yang kurang lebih begini tulisannya, “ Blog itu ga akan pernah sepi. Kalo Twitter pasti bisa sepi, facebook pasti bisa sepi, tapi blog justru sebaliknya, blog akan semakin ramai dari hari kehari.”

Dan hal tersebut terbukti dari hasil penelitian Pada tahun 2014, berdasarkan live statatistik internetlivestats per detiknya bertambah hingga puluhan website dan sudah ada 1.060.123.400 lebih website. 1,06 milyar website.

Blog dari hari ke hari memang akan semakin ramai karena semakin hari orang-orang akan semakin haus akan informasi, apalagi blog merupakan kumpulan informasi yang benar-benar mudah didapatkan dan mudah diakses. Sebagai contoh mungkin ktia pernah kesulitan dalam mencari informasi untuk mengerjakan tugas kuliah, akhirnya kita mencari informasi tersebut itu melalui internet di blog, karena kemudahan dan praktisnya mencari informasi di blog. Selain itu, orang-orang dari hari ke hari semakin melek teknologi, bahkan sekarang anak SMA pun sudah banyak yang menggunakan dan mempunyai blog.

Hal tersebut tidak lepas dari pengamatan para produsen. banyak perushaan-perusahaan besar yang memanfaatkan internet untuk kepentingan marketing, khususnya  media sosial. Media sosial seperti Facebook, twitter, Path dan Instagram biasanya dipakai sebagai konten marketing. Disetiap media sosial tersebut pasti ada beberapa orang yang menjadi konten marketing. Namun, di antara semua media sosial tersebut, blog lah yang paling efektif dan paling diminati oleh perusahaan untuk dijadikan sebagai konten marketing.

download (4)

Sumber gambar di sini

         Konten marketing sendiri merupakan suatu kegiatan  yang berupa postingan, foto maupun video yang memberikan informasi suatu produk dengan detail sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh perusahaan dengan cara yang menarik dan persuasif, sehingga para pembaca tertarik menjadi seorang kostumer.  Tapi, konten marketing ini tak perlu menjual produk tersebut, mereka hanya memberikan semua informasi yang sedetail-detailnya akan suatu produk.

Konten marketing tak bisa dipisahkan dengan para blogger, karena blogger mempunyai peran penyumbang dalam konten marketing. Berikut hal-hal yang bisa dijadikan acuan kenapa blogger merupakan penyumbang dalam konten marketing :

  1. Blogger merupakan seorang pencerita yang baik

Tulisan mereka rata-rata panjang dan biasanya detail dalam menceritakan suatu hal. Lain halnya ketika seorang wartawan yang menuliskan konten marketing tersebut, mereka mungkin hanya akan menuliskan beberapa baris informasi, dan tidak akan sedetail para blogger.

  1. Bersifat jangka panjang

Tulisan dalam sebuah blog itu bersifat jangka panjang lain lagi ketika suatu perusahaan menggunakan seorang twitter buzzer  untuk menjelaskan tentang suatu produk, twit mereka akan terus berganti dengan twit yang baru. Tapi dengan blog, tulisan itu takkan cepat berganti dan bergeser. Jika pun kita lupa atau tulisan itu sudah lama diposting, kita bisa mencarinya di search engine dengan sebuah keyword dan kita pasti akan menemukannya.

  1. Lebih Murah

Lebih murah di sini bukan berarti menggunakan konten marketing itu tak memerlukan biaya yang banyak, hanya saja jika dibandngkan dengan melakukan iklan besar-besaran di televisi ataupun di media masa, menggunakan konten marketing lebih murah dan lebih tahan lama, tidak harus dikontrak per tahun.

  1. Sudut pandang dari sisi seorang kostumer

Hal paling penting dari konten marketing adalah para blogger menuliskan dan menjelaskan sebuah informasi produk dari sudut pandang seorang kostumer bukan dari sudut pandang si produsen, Karena itu pula apa yang di sampaikan bisa lebih mengena dan disukai oleh para pembaca. Atas dasar itu para pembaca merasa diberi sebuah rekomendasi untuk membeli produk yang telah dituliskan oleh para blogger. Walaupun tahapnya kadang terasa begitu lambat karena para blogger tersebut berusaha untuk meyakinkan si calon kostumer.

 

Referensi

http://www.bairuindra.com/2015/11/blog-sebagai-penyumbang-konten-marketing.html

http://ceritaku-lintang.blogspot.co.id/2014/09/berapa-jumlah-website-di-seluruh-tahun.html

http://panduanim.com/content-marketing/

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s