Gagal Itu Penting

Kegagalan Itu Penting

images

gambar diambil di sini

       Banyak yang bilang gagal itu merupakan kesuksesan yang tertunda. Ada juga seorang teman yang berkata jika kegagalan merupakan sebuah rangkaian yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Apapun itu pengertiannya, kita semua pasti tahu betapa sakitnya mengalami kegagalan itu. Kita semua pasti pernah mengalami kegagalan, karena barang kali kesuksesan merupakan rangkaian kegagalan yang sudah habis kita nikmati. Dalam tulisan ini, saya tak ingin mengatakan dan mengeluh bagaimana menyakitkannya sebuah kegagalan. Mungkin kegagalan merupakan hal yang menyakitkan, Tapi sebagian dari kita belum menyadari betapa berharganya sebuah kegagalan. Berikut hal-hal yang mungkin akan kamu rasakan setelah mengalami berkali-kali kegagalan :

  • Kegagalan itu Membuat diri kita semakin Kuat

Percaya atau tidak percaya, seperti apa yang dikatakan Kelly Clarkson dalam lagunya yang berjudul What doesn’t kill you make you stonger. Ya gagal mampu membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat. Sekarang coba baca baik-baik dan bayangkan. Kalian pernah gagal bukan ? Lihatlah ke belakang bagaimana kecewa dan menyakitkannya ketika kamu mengalami kegagalan untuk pertama kalinya. FYI, aku pernah gagal beberapa kali ketika mengikuti ujian masuk universitas negeri. Saat itu aku kecewa, sedih, bahkan sempat putus asa. Tapi aku kembali berpikir, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada banyak hal yang bisa aku lakukan, masih banyak hal yang harus dipikirkan, masa depan contohnya.           Ya, daripada terus memikirkan kegagalan lebih baik menata kembali masa depan, memikirkan kegagalan tak akan pernah membawa kita pada kesuksesan, justru memikirkan masa depan dan mencoba mewujudkan mimpi adalah usaha nyata untuk  masa depan yang indah. . Dan tanpa kamu sadari kegagalan sudah membawamu pada kemungkinan-kemungkinan lain dalam hidup. Memberi pilihan-pilihan baru yang mungkin akan membawamu pada kesuksesan.

Dan akan kamu lihat betapa kuat dirimu ketika kamu mengalami kegagalan kembali.

  • Kegagalan Menjadikanmu Pribadi yang Pantang Menyerah

Mungkin Ketika gagal kamu akan merasa kecewa, sedih, dan merutuki dirimu sendiri, bahkan lebih parah lagi bisa merutuki keadaan. Tapi Tanpa kamu sadari kegagalan akan menjadikanmu pribadi yang pantang menyerah, always besad on my experience. Saya ingin bercerita, saya sangat menyukai menulis, dan saya sering sekali mengikuti lomba menulis. Lomba menulis apa saja dari mulai menulis cerpen,artikel, hingga kontes seo. Tapi seperti kalian tebak, saya selalu gagal dalam setiap lomba yang saya ikut. Saya belum  berhasil menjadi seorang juara. Tak apa. Tak dapat dipungkiri kadang kegagalan membuat saya pesimis bahkan membuat saya merasa menjadi pribadi yang paling bodoh, tapi jika dipikirkan kembali mental saya berubah. Mungkin ketika pertama kali mengetahui bahwa saya gagal saya langsung down. Dan sempat bebrapa kali mengatakan ‘tak usah ikut lah, kalau ada lomba lagi’.  Tapi ternyata ketika ada lomba saya justru mencoba lagi, lagi dan lagi walaupun akhirnya saya gagal. Dan entah mengapa saya memiliki kata-kata penyemangat tersendiri ketika gagal.

“Semakin banyak kegagalan yang akan kamu alami, Maka semakin manis keberhasilan yang akan kamu rasakan”.

Lalu ada sebuah quote yang kuambil dari blognya koh lexy, isinya begini :

“To participate is much better than to sit down and doing nothing.It’s not always about winning, many times it’s about experiencing.”

Ya ternyata rasa penasaran saya untuk menang mengalahkan semua rasa kecewa saya saat gagal. Dan dengan mengikuti lomba tersebut, setidak saya sudah berusaha. Tidak hanya berdiam diri.

  • Menjadikanmu Pribadi yang lebih Baik Lagi

Sekali lagi, kegagalan bukanlah hal yang harus dirutuki ataupun disesali. Dari kegagalan kita bisa belajar banyak hal. Contohnya, Ketika kamu gagal kamu akan tahu dimana letak kesalahanmu. Kamu akan instrospeksi diri atas kesalahanmu itu. Dan kamu akan semakin mengerti dan mengetahui celah atau kesempatan yang akan membawamu pada kesuksesan. Contoh,  kamu gagal. Dan kamu tahu penyebab hal tersebut terjadi karena human eror, karena kesalahanmu. Maka ketika kamu akan melakukan sesuatu hal yang sama, kamu pasti berusaha sebaik yang kamu bisa dan kamu akan berusaha untuk tak mengulangi kesalahanmu lagi. Itu pun kalau kamu tak menyalahkan keadaan,ya ? dan berhenti menyalahkan keadaan ketika kamu gagal .

  • Lebih Menghargai Sebuah Proses

Ketika mengalami sebuah kegagalan, kamu akan lebih menghargai sebuah proses. Dan bukan tidak mungkin, dirimu pun akan ditempa sedemikian rupa oleh kegagalan itu. Kamu akan lebih mengerti bahwa semua butuh proses, termasuk dalam hal kesuksesan. Dan kamu akan menyadari bahwa kegagalan merupakan salah satu proses untuk mencapai kesuksesan. Kamu akan mengerti bahwa, tak ada orang sukses yang tak mengalami kegagalan. Semuanya pernah gagal. Dengan berpikiran seperti itu kamu akan lebih berbesar hati dalam menerima sebuah kegagalan.

  • Melatih Kesabaran

Ketika mengalami kegagalan kamu pasti akan menangis, kecewa, marah, emosi, dan Kesal. Tapi tanpa kamu ketahui kegagalan dapat melatih kesabaranmu. Dengan kegagalan kamu akan lebih bersabar dan menyadari bahwa segala sesuatu itu tak dapat kita paksakan. Ada hal-hal yang memang tak dapat kita kendalikan sendiri. Ada hal-hal yang sudah diatur dengan sangat rapi oleh Dzat maha Besar, Sang sutradara kehidupan-Tuhan. Dan itu akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih sabar.

  • Gagal itu Penting

Mungkin, kita pernah gagal atau sering gagal. Mungkin kita hampir menyerah dengan kegagalan tersebut. Tapi mungkin kita tak menyadari bahwa kegagalan itu penting dan  kita perlu mengalami sebuah kegagalan untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, mengoptimalkan segala kemampuan kita, mengintrospeksikan diri sendiri, bertanya pada diri sendiri ‘kesalahan apa yang kita lakukan, sehingga kita gagal ?’

Dengan mengalami kegagalan, Tanpa kita sadar sebenarnya kita sudah semakin dekat dengan kesuksesan itu sendiri. Asal kita selalu berani dalam mencoba sesuatu hal yang baru dan pantang menyerah. Pernah dengar bukan sebuah quote begini :

“Banyak kegagalan dalam hidup ini adalah orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.” – Thomas A Edison

Advertisements

2 thoughts on “Gagal Itu Penting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s