Hal-hal yang perlu Diperhatikan Ketika Mengikuti Lomba Menulis

Bismillahirahmanirohim

Hai… sudah lama nih tak memposting tulisan di blog. Kali ini saya akan membagikan informasi yang sangat penting bagi kalian semua, khususnya yang sering mengikuti lomba menulis seperti saya. Entah itu lomba menulis cerpen, novel, atau blog.
Bagi yang sering mengikuti lomba khususnya menulis, seberapa sering kamu menang ? jarang ? atau malah kamu merupakan orang yang sudah tak asing dan sering menjadi juara di berbagai lomba ? Oke.. oke bagi yang jarang menang seperti saya, kalian jangan berkecil hati, saya saja masih semangat mengikuti setiap lomba kok, ya walaupun lebih banyak kalahnya daripada menangnya. Hehe
Saya akan membagikan tips agar bisa menang dalam lomba menulis. Lah orang kamu saja sering kalah kok mau membagikan tips sih ? yang harusnya membagikan tips itu orang yang sering menang. Kamu pasti berpikiran begitu ? Eitss… jangan berpikiran seperti itu, kita tak harus menjadi hebat dulu bukan untuk memulai sesuatu ? baiklah baiklah saya akan menceritakn sedikit, jadi ceritanya saya itu sering ikut lomba namun jarang memenangkan lomba tersebut, bukan jarang lagi, tapi hampir ga pernah malah.
Tapi setelah beberapa kali kalah, saya jadi tahu di mana letak kesalahannya, dan saya pun sempat iseng mencari tahu dan membaca hasil tulisan para pemenang. Dan berikut yang dapat saya simpulkan.

1. Judul
Judul merupakan salah satu hal yang penting dalam tulisan. Jika kita sering menilai seseorang dari first impresion dan penampilannya, maka dari judul inilah kita bisa menilai sebuah tulisan, apakah tulisan itu menarik atau tidak dan bagus atau tidak. Ya, Judul itu ibarat first impresion dalam sebuah tulisan. Bagaimana tidak, setiap kita ke toko buku pun yang pertama kita lihat dari sebuah buku itu pasti cover dan judulnya, benar bukan ? So, ketika kamu ingin mengikuti sebuah lomba menulis, maka pastikan bahwa judul tulisanmu menarik di mata para juri.

2. Isi
Wah, jelas dong sebuah isi merupakan hal yang paling penting dan krusial dalam sebuah tulisan. Karena dari isi tersebut lah kita akan tahu maksud dari tulisan tersebut. Lalu, Isi seperti apa yang biasanya diinginkan oleh pihak Juri ?
Pertama, Isi tulisan kita harus ,menarik, unik, berbeda dengan yang lain namun sesuai dengan tema. Jangan sampai isinya bagus namun tak sesuai dengan tema yang diminta oleh para juri, tentu itu langsung didiskualifikasi oleh para juri. Saya pernah mencoba membaca sebuah karya dari seseorang yang menang dalam lomba menulis cerpen, bahasanya mudah difahami selain itu isinya pun menarik dan tak terbarangkan oleh ku sebelumnya namun tetap sesuai dengan tema.
Lalu, selain itu isi sebuah tulisan pun harus sesuai dengan apa yang diminta oleh si pihak panitia atau penyelenggara lomba. Contoh saya pernah mengikuti lomba menulis di mana yang mengadakan lomba tersebut adalah properti sebuah rumah dan tulisan yang saya kirimkan malah tentang sebuah perjalanan ke luar negeri. Jadi itu sangat berbeda bukan dengan apa yang diinginkan oleh pihak penyelenggara ? so, ketika ingin mengikuti semua lomba menulis, cari tahu dulu lebih detail tentang pihak penyelenggara lomba dan apa kira-kira tujuan mereka menyelenggarakan lomba tersebut. Jangan sampai keliru dan tidak sesuai seperti saya, ya ?

3. Informasi
Nah ini nih, point ke tiga ini tak kalah penting dari nomor-nomor sebelumnya. Ketika kamu ingin mengikuti sebuah lomba menulis, kamu harus rajin-rajin dalam mencari tahu informasi mengenai lomba menulis tersebut. Tak perlu pusing-pusing mencari informasi mengenai lomba tulis-menulis, karena ada web yang dengan mudah dapat membantu mu menemukan informasi tentang lomba menulis, yaitu AKUMARU.COM.
Nah lalu apa sih akumaru itu ? Akumaru merupakan sebuah situs atau web yang menyediakan berbagai informasi dan merupakan pusat promosi. Lalu apa saja hal yang bisa kita dapat jika mengunjungi situs akumaru ? wah banyak sekali. Oke baiklah, saya akan menjelaskannya satu-satu.

Logo-Akumaru-new4-Mini1
sumber gambar dari sini

1. Pusat informasi Lomba
Jika kamu merupakan seseorang yang sering mengikuti lomba seperti saya, maka akumaru merupakan salah satu situs yang wajib kamu kunjungi setiap hari, karena akumaru menyediakan banyak sekali informasi tentang lomba/kompetisi, diantaranya, lomba menulis cerpen, novel, blog, dll. Selain itu,jika kamu merupakan panitia atau pihak penyelenggara lomba, akumaru juga sangat berguna, karena pengunjung di akumaru cukup tinggi maka tak ada ruginya jika kamu bekerjasama dan mempromosikan acara atau lomba yang ingin kamu selenggarakan pada akumaru.

2. Pusat informasi Lowongan kerja dan beasiswa
Selain menyediakan informasi tentang lomba dan event atau acara tertentu akumaru juga menyediakan informasi tentang lowongan kerja dan beasiswa. Bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja dan beasiswa, tak ada salahnya mengunjungi akumaru.com

3. Forum akumaru
Nah akumaru juga mempunyai forum yang membahas tentang berbagai hal, diantaranya tentang blog,success story, education, umum, dll.

4. Akumaru di Android
Nah akumaru ini juga sudah bisa didownload di gadget android kamu. Caranya gampang kok, cukup search di google play store dengan mengetik “akumaru” dan aplikasi akumaru ini bisa langsung kamu nikmati di handphonemu, tak perlu lagi repot-repot membuka laptop jika ingin mengunjungi situs akumaru ini. Tapi, jika hpmu bukan android, kamu pun tetap bisa mengunungi akumaru dengan browser ataupun operamini, karena tampilan webnya mobile-friendly banget.

http:// Banner Kontes SEO AKUMARU 300x250

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s