Haters yang Baik

alasanku menuliskan ini adalah untuk mengingat diriku sendiri dan mencoba menyemangati diriku sendiri, karena aku pernah beberapa kali memiliki haters dan dihina oleh mereka.

Ketika menuliskan ini, aku sedang mendengarkan lagu loser like me dari glee cast, lagu yang mampu memberi semangat ketika seorang haters mulai menghina.

Haters, pernah mendengar kata itu,bukan ?
Haters adalah orang yang tak pernah suka dengan apa yang kamu lakukan. Entah itu perbuatan baik apalagi perbuatan buruk.

Haters akan selalu menghina apa yang kamu lakukan. Apapun yang kamu lakukan akan selalu dianggap salah oleh mereka. Rasanya tak ada orang di dunia ini yang tak memiliki haters. Ya semua orang pasti memiliki haters.

Dulu, seorang temanku pernah bercerita, dia memiliki seorang haters. Wajar memang jika dia memiliki haters, karena temanku itu seorang yang istimewa, dia memiliki suara yang bagus, dia dipilih menjadi seorang paduan suara khusus untuk acara-acara besar.
Ketika itu dia berkata “ ada yang ga suka sama aku, dia bilang katanya aku ga pantes masuk paduan suara. Aku juga kan ga tau, orang guru yang milih.”

Ya begitulah isi ceritanya. Lalu dengan sok bijaknya aku berkata padanya “ sebanyak apapun orang menyukaimu, pasti akan ada seseorang yang tak menyukaimu. Maka terimalah!”

Ya, cukup bijak, bukan ? Sungguh kadang segala sesuatu itu lebih mudah untuk ditulis dan diucapkan, tapi terlampau sulit untuk diaplikasikan secara langsung.

Mungkin saat ini banyak orang yang menghina mu, menjudge mu dengan sesuka hati mereka, tanpa mereka ketahui apapun tentangmu. Kadang perkataan kasar mereka membuat mu berpikir berpuluh kali, membuat mu lebih keras lagi dalam mengintrospeksikan dirimu. Apalagi jika kamu memang tipe orang yang terlalu mementingkan dan memikirkan perkataan orang lain, dan karena ulah haters itulah terkadang hari-harimu dan kegiatanmu tersendat. Atau mungkin kamu pernah tidak keluar kamar seharian, hanya berpikir dan bertanya-tanya.

‘yang mereka omongin bener ga ya ?’
‘masa sih aku kayak gitu ? Aku kan udah usaha ?’
‘salah aku apa sih sama mereka ? kok aku salah mulu ya di mata mereka ?’

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang terus menghantui pikiranmu. Dan itu juga lah yang terjadi pada ku. Tapi semakin hari, semakin sering aku mendapat cercaan dari mereka, aku semakin tahu. Tahu bagaimana cara menghadapi mereka, tahu mengapa mereka membenciku dan tahu bahwa Ternyata hidupku jauh lebih indah dari pada mereka hingga mereka membenciku.

54865-Love-Your-Haters
sumber gambar dari sini

1. Haters Itu Pemuja Berat Mu
Kadang kelakuan haters itu aneh, mereka menghina mu, membenci mati-matian atas apa yang kamu lakukan. Tapi tahukah kamu ? Mereka justru orang yang paling kenal dengan dirimu, jauh dari yang kamu bayangkan. Pernah dengar bukan perkataan “ketika kamu membenci seseorang, maka akan semakin sering kamu mengingatnya.”

Ya, haters itu orang yang selalu mengingat mu dan memikirkan hidupmu. Bagaimana tidak, dengan sangat peduli mereka akan mengomentari hidupmu dan menyuruh mu untuk melakukan hal-hal yang menurut mereka baik. betapa baiknya,bukan, haters ini ?

2. Bersyukurlah Memiliki Haters
Kamu tahu,tidak ? Alasan mengapa seseorang membenci mu tanpa kamu tahu sebabnya ? Biasanya, seseorang membenci mu karena kehidupanmu jauh lebih baik dari kehidupan mereka. Ya bersyukur lah ketika memiki haters karena itu artinya hidupmu, apa yang kamu miliki dan apa yang kamu lakukan jauh lebih baik dari apa yang mereka lakukan. Baiklah akan kuberi contoh, Kau pernah bukan berbuat baik ? Nah terkadang seorang haters akan berpikir bahwa apa yang kamu lakukan adalah sebuah pencitraan belaka, padahal mereka tak pernah tahu kepribadianmu. Itu bukti, bukti bahwa hidupmu jauh lebih baik dari mereka. Dan mereka ingin melakukan sesuatu yang lebih baik dari yang kamu lakukan, tapi cara mereka salah. Justru mereka malah semakin melupakan kehidupan mereka sendiri dan terlalu mempedulikan kehidupanmu.

3. Sadarilah Bahwa Haters adalah Penyemangat Hidup yang Tidak Kamu Sadari
Coba pikirkan kembali, apakah haters hanya membawa dampak buruk bagi hidupmu ? banyak loh orang-orang yang sudah dihina oleh para haters justru jadi lebih baik hidupnya. Tidak percaya ? kalau begitu aku ingin bertanya, apa sih yang kamu lakukan ketika seorang haters menghinamu ? marah ? wah itu sudah pasti. Tapi jauh di dalam dirimu aku yakin pasti kamu dengan sangat kesal akan berkata ‘Aku bakal buktiin ke mereka kalau aku bisa, dan ga sesuai dengan apa yang mereka pikirin!’

Benar begitu,bukan ? mungkin kamu tak menyadari, kadang ketika memiliki haters kamu akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik karena kamu sekuat tenaga ingin membuktikan bahwa praduga mereka terhadap mu itu salah besar.

4. Terimalah Kehadiran Haters
Seperti kata-kata yang pernah kuucapkan pada seorang teman yang telah kujelaskan di atas “sebanyak apapun orang menyukaimu, pasti akan ada seseorang yang tak menyukaimu. Maka terimalah.”

Ketika memiliki haters, kamu harus menerimanya. Ya, sebanyak apapun orang yang menyukai mu, akan selalu ada orang yang tak menyukai mu. Kamu tak pernah bisa membuat semua orang menyukai mu,bukan ? Adanya seorang pembenci di hidupmu itu wajar, sangat wajar dan memang tak pernah bisa kamu hindari. Seorang Nabi Muhammad SAW saja yang notabaene seorang rasul banyak yang membenci, mencerca, dan menghina beliau. Padahal beliau adalah seorang rasul yang sudah barang tentu memiliki prilaku dan akhlak yang baik. Jadi terimalah !

5. Stay cool saja
Jika ada seorang haters yang menghina mu secara langsung, maka stay cool saja. Jika kamu sudah mengerti dan mampu menerapkan apa yang dijelaskan di poin nomor 3 dan 4, maka kamu hanya akan tersenyum geli pada seorang haters. Serius. Aku pernah mengalaminya.
Ada seseorang yang menghinaku secara langsung, dan saat itu tanggapanku hanya tersenyum padanya. Jangan terpancing oleh hinaan dan perkataan kasar mereka, karena jika terpancing, maka kamu akan kalah. Dan aku juga sering bertemu dengan orang-orang yang dengan jelas menunjukan rasa irinya padaku. Entah sebenarnya hal apa yang mereka iri-kan dari ku, padahal jelas-jelas hidup mereka jauh lebih baik dari hidupku.
Saat itu aku hanya tersenyum dan berkata dalam hati “aku lebih baik dari mereka, jika mereka iri, maka itu sama saja bahwa mereka tak pernah percaya dengan diri mereka dan dengan apa yang mereka punya.”

Adakah yang mempunya pengalaman seperti itu ? jika ada silahkan share di kotak komentar,ya ?

12 thoughts on “Haters yang Baik

    • yap bener banget, balik lagi gimana kita berpikir tentang haters itu sendiri. yang penting kita meyakini bahwa apa ang kita lakukan benar dan tidak merugikan orang lain.
      makasih sudah mampir 🙂

    • hmm kalau saya pribadi jika dilecehkan atau direndahkan secara langsung di depan umum, saya paling hanya akan tersenyum,. tapi dalam hati saya berkata bahwa suatu hari nanti saya akan membuktikan pada orang yang menghina saya bahwa saya bisa lebih baik dari mereka dan tidak seperti apa yang mereka pikirkan tentang saya. membuktikan sesuatu itu lebih baik daripada berkoar-koar. karena biasanya mereka akan bungkan dengan kesuksesan yang sudah kita raih.
      terimakasih sudah berkunjung.

  1. Aku juga punya haters kak,separuh lebih dari isi murid di kelas. Aku stay cool aja sebenernya tapi kata guru bk aku kalo dihina gitu terus kitanya diem aja artinya kita nerima. sedangkan aku lebih suka yang diem sampe mereka cape ngehina/nyela aku. Aku gatau salah aku apa,karena sepengetahuan aku mereka cuma nilai dari fisik kak.-.

    • Sebenarnya kita harus cari tahu dulu apa penyebab seseorang begitu membenci kita, coba kamu introspeksi diri, masa sih hampir separuh isi murid di kelas ga suka sama kamu, tapi kalau memang kamu tak merasa memiliki salah apapun pada mereka, mungkin mereka memang hanya iri padamu.
      Kalau menurut aku mending diem aja kalau ada yang menghina, soalnya ga ada gunanya juga sih meladeni orang yang begitu. tapi, lain lagi kalau mereka memang sudah berlebihan

Leave a Reply

