Hope and Faith

hope
gambar diambil dari sini

Ini tentang kepercayaan dan harapan.

Kepercayaan

Tentu sulit untuk mendapatkan suatu kepercayaan, dan aku pun mengalaminya.. Aku sulit percaya pada hal-hal tertentu dan aku pun termasuk orang yang plin plan tapi entah mengapa aku memiliki satu kepercayaan yang tanpa aku sadari mampu membuatku bertahan hingga saat ini. kepercayaan seperti apa itu ?? Aku akan menceritakannya nanti. Lalu tentang Harapan, ada yang bilang hanya harapan yang mampu membuat seseorang bertahan melalui fase terberat dalam hidupnya, so jaga harapan tersebut agar terus menyala dan memberikan secercah harapan bagi jiwa yang berputus asa.

Sekali lagi aku ingin bercerita tentang pengalaman pahitku. Aku si ratu gagal. Aku sering gagal, bahkan rasanya kegagalanku sudah tak terhitung lagi oleh jari. Dari mulai kegagalan-kegagalan kecil hingga kegagalan-kegagalan besar. Tapi aku sudah tak mau memikirkannya lagi dan fokus pada masa depanku, bukankah masa depan kita ditentukan oleh tindakan kita hari ini ? Nah itulah alasan aku ingin mengubah hari-hariku agar masa depanku bisa secerah harapanku. Sebenarnya tanpa aku sadari semua kegagalan itu memberiku pelajaran tersendiri dan mengubah pola pikirku. Contohnya dulu aku orang yang tak pernah mau mencoba lagi jika sudah gagal, tapi sekarang aku justru akan terus mencoba dan mencobanya lagi jika aku gagal. Pernah mendengar quote seperti ini ?

”mencoba 100 kali memiliki kemungkinan gagal 50%, tapi tidak mencoba sama sekali memiliki kemungkinan gagal 100%.” dan aku memilih opsi pertama, gagal 50%, itu lebih hebat dari pada tidak melakukan apapun. kurasa, aku harus mencoba banyak hal kala kita masih muda. Untuk apa ? Jelas untuk bekal kita mengarungi hidup dan sisanya untuk menceritakan hal tersebut pada anak dan cucu kita.

Lalu apa hubungannya kegagalan dengan kepercayaan dan harapan ?? Kalian pasti menanyakan itu. Baiklah aku akan menjawabnya.. beberapa hari ini aku sering diberondong oleh perkataan yang seolah-olah memojokkanku. Ya kurang lebih beginilah perkataannya ”kamu tuh seharusnya kerja, supaya enggak minta terus sama orang lain. Yang lain aja udah pada kerja.”

Nah, kata itu mampu menguras semua air mataku dan membuatku terus berpikir hingga tak bisa tidur. Setiap mengingatnya aku merasa sakit. Aku merasa mereka tak tahu apapun tentangku dan tak berhak berkata seperti itu. Okeh anggap saja aku hanya membual atau sedang mencari pembenaran. Tapi benar aku sudah mencoba banyak hal namun memang belum berhasil. Dan dari perkataan tersebut aku justru menjadi riya, aku ingin semua orang tahu usahaku dan tak menyadai bahwa selama ini ada dzat yang tak pernah tidur yang selalu tahu apa yang aku lakukan. Ya dia adalah Allah. Aku harusnya tak begitu, aku harusnya menyerahkan semuanya pada allah, biar dia yang memberiku upah atas usahaku selama ini. Allah never sleep i believe it.
Ya aku percaya bahwa allah akan memeriku upah terbaik yang pantas aku dapatkan atas semua usahaku, bukan pujian dari para tetangga, bukan kebangga atas apa yang bisa aku raih. Lalu Harapan dan kepercayaan pada Allah. Aku memiliki harapan bahwa suatu saat nanti allah akan membawaku ketempat dimana impiku akan menjadi nyata, dimana semua rasa sakitku selama ini akan melebur, air mataku akan berubah dengan air mata haru. Aku percaya itu. Dan sampai sekarang aku masih menyimpan harapan itu jauh di dasar hatiku. Hingga Tuhan memeluk mimpi kita.
Begitu. yang selalu aku percaya, karena allah tak pernah tidur, dia maha adil.

Leave a Reply

