Menulis dan Menjadi Penulis

i-love-writing-menulis

sumber gambar dari sini

Bismillahirohmanirahiim

Sudah lama,ya tak melirik blog. Sebenarnya sudah lama ingin menulis sesuatu di blog, hanya saja beberapa waktu ini jadwal kuliah padat, dan berakhir pada ketiduran setiap mau menulis. Kali ini saya mau memposting tulisan tentang kendala yang sering dihadapi seorang penulis, ini berdasarkan pengalaman saya,selaku penulisa matir. Tapi bukan berarti menulis itu sulit,ya ? menulis mudah kok, hanya bagaimana kita mau menyalurkannya dan jika ingin tulisan kita bagus ya harus sering dilatih.

Sebenarnya tulisan ini saya tujukan untuk keperluan suatu lomba, tapi karena keteledoran saya, jadi ceritanya ketika saya hendak mengirim tulisan ini, ternyata sudah lewat dari tanggal deadline, ya sudah saya posting saja dari pada hanya disimpan di notee HP yang bisa memungkinkan hilang atau terhapus.

Apa itu menulis ? Menulis merupakan suatu kegiatan keabadian, dimana seorang penulis akan dikenang melalui karyanya. Mungkin banyak yang juga memiliki hobby menulis seperti saya dan tentu ingin menjadi seorang penulis. Namun ada beberapa kesulitan atau rintangan untuk menjadi seorang penulis.

1.writer block

Writer block adalah situasi dimana seorang penulis benar-benar tak bisa menulis. Oke, saya perjelas kembali. Pernah mengalami menatap layar komputer berjam-jam namun tak ada satu kata pun yang bisa ditulis ? Atau pernah tidak mengalami ketika kita ingin sekali menulis namun tak memiliki ide sedikitpun ? Bahkan walau berjam-jam, berhari-hari kita mencoba menemukannya tapi tetap tak bisa menemukan ide tersebut ? Nah itulah yang dinamakan writer block. Bukan saja penulis amatir yang mengalami writer block, penulis terkenal pun mengalaminya, bahkan mungkin setiap penulis pernah mengalaminya. Atau diantara pembaca juga ada yang sedang mengalaminya ?

Tenang, jangan takut jangan gelisah. Saya akan berbagi sedikit tips bagaimana mengatasi writer block. Karena mengalami writer block itu sangat menjengkelkan dan menyebalkan.

A. Baca ulang cerita yang belum selesai

Ini bisa dilakukan ketika kita tak bisa melanjutkan cerita yang sedang kita tulis. Baca ulang cerita yang belum selesai tersebut, karena terkadang otak kita sudah merekam atau merencanakan kerangka cerita tersebut. Ketika kita membaca ulang cerita tersebut, kadang otak kembali merespon dan mengingat kembali hal yang sudah direkam itu.

B. Tulis beberapa bagian terlebih dahulu

Ketika menulis cerita atau novel kadang kita menulis outlinenya terlebih dahulu dan writer block itu bisa terjadi ketika kita sedang menulis dibeberapa part. Misal, kita sedang menulis untuk part 3 dan kita tak bisa melanjutkannya Atau ide untuk menulis bagian itu terasa benar-benar buntu. Maka jangan dipaksakan. Tulislah part lain, misalnya kita memiliki ide untuk part 4 maka tulislah cerita untuk part 4 terlebih dahulu tapi harus esuai dengan outline yang sudah dibuat sebelumnya, karena ketika kita sudah mulai terbiasa dan menemukan mood dalam menulis maka ide akan mengalir dengan lancar selancar-lancarnya..

C. Paksakan menulis

Ini merupakan langkah terakhir ketika kita benar-benar sudah tak bisa menulis dan tak memiliki ide tapi ingin menulis. Tuliskan apa saja, apa saja yang ada di pikiran. Walau sejelek apapun itu walaupun kadang merasa tak begitu lega setelah menulis. Tapi coba untuk tuliskan saja, karena kadang kita merasa tulisan itu bagus dan tertarik untuk melanjutkannya ketika sudah beberapa hari kita membaca ulang tulisan ter  sebut. Dan untuk mencegah writer block itu sendiri, kita bisa menuliskan ide apa saja yang tiba-tiba datang. Pernah mengalami ketika sedang mencuci baju, menyetrika atau bahkan ketika bangun tidur tiba-tiba memiliki ide untuk menulis ? Maka tuliskan ide tersebut di sebuah notes. Kalau aku biasanya menuliskan ide tersebut di notes hp. Dan jika ada waktu coba untuk Jadikan tulisan dari ide tersebut.

2. Kehilangan Data

Ini yang paling fatal, jarang sih sebenarnya seorang penulis kehilangan data dalam menulisnya. Apa mungkin cuma saya ya yang pernah kehilangan cerpen ? Jadi begini ceritanya, saya pernah kehilangan 2O cerpen dan artikel-artikel. Akh kalau diingat rasanya ingin sekali menangis, tapi ya sudahlah tak apa. Penting untuk seorang penulis memback-up data-data atau cerita-ceritanya. Jangan sampai hanya disimpan di satu data saja. Karena kalau sudah hilang atau ke format itu sayang sekali.

3. Menerbitkan Buku

Mungkin diantara kedua kesulitan diatas, inilah yang paling sulit. Karena apa ? Karena menerbitkan buku itu tak semudah seperti membalikkan telapak tangan, ide bagus saja bukan berarti akan dilirik oleh penerbit. Bahkan banyak penulis-penulis terkenal yang naskanya ditolak berkali-kali oleh penerbit. Sebut saja Jack Canfield dengan bukunya Chicken soup for the soul yang sudah ditolak oleh hampir 130 penerbit. Dan taukah film harry potter ? Ternyata Novel harry potter karya J. K. Rowling pun pernah ditolak beberapa kali oleh penerbit. Dan masih banyak penulis terkenal lainnya yang pernah ditolak oleh penerbit namun akhirnya sukses dengan buku mereka.

Ya jangan ditanya apakah saya sudah sering ditolak atau tidak. Saya memang belum pernah mencoba mengirim naskah novel ke penerbit, tapi Saya sudah beberapa kali mengikuti lomba menulis dan tak pernah berhasil menjadi seorang pemenang. Tak apa, Yang selalu saya percayai adalah segalanya tak ada yang sia-sia. Dan biarkan semuanya berproses, karena proses itu penting dalam setiap perjalanan seseorang.

Suatu saat nanti pasti saya bisa menerbitkan novel saya sendiri. Dan untuk para penulis pemula seperti saya, jangan pernah berhenti dalam menulis, akan ada saat dimana buku kita terpajang di setiap sudut toko buku. Yang saya selalu tanamkan saat menulis, saya menulis untuk diriku sendiri. Saya tak pernah memikirkan pemikiran orang lain, apakah tulisanku bagus, bermutu atau tidak. Tapi ada suatu kelegaaan dan kepuasan tersendiri ketika saya bisa menyelesaikan suatu tulisan, dan ada kebahagiaan tak terkira ketika seseorang bisa menyukai tulisanku atau pun tulisan itu bermanfaat bagi orang lain. Ya i am just amateur writer, i write for myself, if The people are happy with my writing i am happy too. Just it.

Leave a Reply

